Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HATM Bagikan Dividen Rp39,62 Miliar, Targetkan Pertumbuhan Laba 20,4%

PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) mengumumkan pembagian dividen sebesar Rp39,62 miliar kepada pemegang saham.
Pengertian dividen dan setiap jenisnya./Freepik
Pengertian dividen dan setiap jenisnya./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) mengumumkan pembagian dividen sebesar Rp39,62 miliar kepada pemegang saham, sejalan dengan rencana ambisiusnya untuk meningkatkan laba bersih sebesar 20,4% pada tahun 2024.

Keputusan ini diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang berlangsung di HARRIS Suites Puri Mansion, Jakarta Barat.

Direktur Utama Habco Trans Maritima, Andrew Kam, mengkonfirmasi bahwa keputusan pembagian dividen telah mendapat persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). 

"Pada RUPST hari ini para pemegang saham telah menyetujui dividend payout ratio sebesar 20 persen, sehingga total dividen yang akan dibayarkan HATM mencapai Rp39,62 miliar." Ujar Andrew Kam.

Penetapan ini didasarkan pada laba bersih perusahaan yang mencapai Rp198,17 miliar di Tahun Buku 2023, dengan dividen per saham ditetapkan sebesar Rp5,66, naik dari Rp4,07 per lembar saham pada tahun sebelumnya.

RUPST HATM juga menandai pengesahan perubahan dalam susunan direksi perusahaan, termasuk pengunduran diri Dillon Cosmas dan pengangkatan Derrick Cosmas sebagai Direktur baru. Langkah strategis ini dipandang sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk memperkuat kepemimpinan dan mendukung inisiatif pertumbuhan ke depan.

Pada 2023, HATM mencatatkan kinerja keuangan yang impresif dengan laba bersih sebesar Rp198,17 miliar, mengalami pertumbuhan 39,05% year-on-year. Pendapatan perusahaan juga melonjak signifikan sebesar 55,03% menjadi Rp575,68 miliar, dengan kontribusi terbesar berasal dari segmen pengangkutan yang mencapai Rp566,54 miliar. Kinerja ini tidak hanya melampaui target pendapatan perusahaan sebesar Rp531,23 miliar tetapi juga menegaskan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam industri pelayaran pengangkutan muatan curah.

Andrew Kam menambahkan optimisme perusahaan terhadap tahun 2024, menargetkan pendapatan sebesar Rp841,1 miliar dan laba bersih sebesar Rp238,6 miliar. Peningkatan ini diharapkan dapat dicapai melalui ekspansi operasional dan peningkatan efisiensi.

Dalam upaya untuk terus meningkatkan kinerja operasional, RUPS Luar Biasa HATM juga menyetujui rencana penjualan dan/atau pembelian investasi barang modal. Langkah ini diharapkan dapat mendukung aktivitas operasional perusahaan dan memperkuat posisi HATM dalam persaingan industri.

(Joyceline Munthe)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper