Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telkom (TLKM) Bakal Gandeng Investor Kembangkan Data Center

Telkom Indonesia (TLKM) menyampaikan akan menggandeng investor untuk mengembangkan proyek data center.
Datacenter Telkom neuCentrIX di Lampung/dok.Telkom
Datacenter Telkom neuCentrIX di Lampung/dok.Telkom

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menyampaikan akan menggandeng investor untuk pengembangan bisnis data center melalui PT Telkom Data Ekosistem (TDE) ke depannya. 

Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir mengatakan kerja sama Telkom dengan PT Indosat Tbk. (ISAT) melalui NeutraDC dan BDx Indonesia, merupakan salah satu bagian dari kolaborasi pengembangan data center. 

Menurut Honesti, Telkom memiliki tujuan utama dalam bisnis ini, yaitu menjadi market leader data center untuk Indonesia dan regional melalui TDE.

"Sehingga ekspansi yang kami butuhkan tidak hanya di Indonesia, tetapi kami ingin menjalin komunikasi dengan region seperti Malaysia, Filipina, dan Jepang untuk bisa memiliki data center," ucap Honesti dalam Media Gathering Telkom, Kamis (1/2/2024). 

Honesti melanjutkan, Telkom saat ini terus membangun dan memperbesar kapasitas data center mereka. Dia menyebut Telkom membangun kampus 1 dan kampus 2 hyperscale data center di Cikarang dan di Batam. 

Selain itu, kata dia, TLKM juga akan mengubah sentra-sentra telepon yang ada di daerah menjadi data center berkapasitas kecil.

Dengan pengembangan tersebut, Honesti menyebut Telkom tidak mungkin membiayai investasi data center tersebut sendiri. Menurutnya, pengembangan ini membutuhkan investor karena investasinya yang mahal. 

"Kami butuh investor, karena mahal sekali investasi. Semua data center yang dibangun dari nol itu capital intensive semua," ujar Honesti.

Honesti juga melihat, saat ini pemain data center lazim melakukan kolaborasi untuk melakukan pengembangan data center. 

Adapun Honesti menyebut saat ini TLKM memiliki data center dengan kapasitas sekitar 40-45 MegaWatt (MW), dengan utilisasi sebesar 70%. Menurutnya, TLKM akan membangun sekitar 50 MW kapasitas data center untuk tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper