Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asri Karya (ASLI) Fokus Garap Proyek IKN, Pengendalinya Caleg PKB

Emiten anyar milik Caleg PKB, PT Asri Karya Lestari Tbk. (ASLI) akan fokus menggarap proyek di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara usai resmi IPO melantai hari ini.
Jajaran direksi PT Asri Karya Lestari Tbk. (ASLI) pada penawaran umum perdana (IPO) saham pada Jumat, (5/1/2024). /(Bisnis/Rizqi Rajendra)
Jajaran direksi PT Asri Karya Lestari Tbk. (ASLI) pada penawaran umum perdana (IPO) saham pada Jumat, (5/1/2024). /(Bisnis/Rizqi Rajendra)

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten anyar milik Caleg PKB, PT Asri Karya Lestari Tbk. (ASLI) tengah menjajaki sederet proyek strategis nasional (PSN) usai resmi melantai di BEI pada Jumat, (5/1/2024). Salah satu PSN yang tengah dikerjakan yakni Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Diketahui, Direktur Utama sekaligus pengendali ASLI, Sudjatmiko merupakan Calon Legislatif (Caleg) untuk DPR RI Dapil VI Kota Bekasi, Jawa Barat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sudjatmiko mengatakan, setelah IPO, perseroan akan berfokus untuk melanjutkan proyek-proyek di IKN. Menurutnya infrastruktur di IKN setidaknya hingga 5 tahun ke depan masih akan terus dibangun.

"Sudah ada kontrak di IKN. Terutama di jalan tol dari Balikpapan ke IKN itu sudah dari tahun kemarin. Nilai kontraknya sekitar baru Rp30 miliar," ujar Sudjatmiko di Gedung BEI, Jumat, (5/1/2024).

Menurutnya, tahun Pemilu 2024 tidak akan terlalu berdampak signifikan untuk kinerja dan proyek-proyek perseroan ke depannya, yang mayoritas merupakan proyek strategis nasional.

"Jadi sebenarnya tahun Pemilu dampaknya sedikit ya. Karena bahkan kalau PSN itu waktu pandemi Covid saja kemarin masih berjalan," jelasnya.

Hingga akhir tahun 2024, perseroan membidik raihan kontrak sebesar Rp200 miliar. Sedangkan untuk pendapatan bersih, ASLI menargetkan sebesar Rp300 miliar hingga akhir tahun.

Adapun ASLI juga menggandeng berbagai mitra strategis baik dari pemerintah, BUMN, hingga perusahaan swasta untuk mengembangkan proyek-proyek perseroan.

"Pertama Kementerian PUPR, yang kedua perusahaan-perusahaan asing. Seperti Sino, Shimizu, Obayashi seperti itu. Lalu ada juga BUMN Karya seperti Hutama karya, terus WIKA dan ADHI," jelasnya.

Sedangkan untuk mitra di perusahaan swasta, ASLI menggandeng Grup Salim yakni PT Besland Pertiwi untuk menggarap proyek jembatan penghubung KM 71 Tol Cipularang, Kota Bukit Indah. Kemudian Grup Sinarmas juga merupakan mitra strategis ASLI untuk mengembangkan flyover di Deltamas, Cikarang.

Sejumlah proyek nasional seperti pembangunan jembatan South City Pondok Cabe, flyover Pasir Gombong Gikarang, pembangunan jembatan Asulait II di Kabupaten Bellu, NTT, Jembatan Overpass Antelope, Kantor Operasional Cikunir, Kedubes Australia, Gerbang Tol Kebon Bawang, proyek APBD Jawa Barat serta jalan tol Serang Panimbang telah dikerjakan oleh ASLI.

Selain itu ASLI juga tengah menyelesaikan pembangunan jembatan lengkung Pacongkang kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, serta flyover Boulevard Kota Deltamas.

Sebagai informasi, Sudjatmiko merupakan pemegang saham pengendali PT Asri Karya Lestari Tbk. (ASLI) yang memegang 69,52% atau 4,34 miliar saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper