Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harta Toto Sugiri Tembus Rp34 Triliun Usai Kuras Habis Saham EDGE

Kekayaan Toto Sugiri terpantau mencapai US$2,2 miliar atau setara Rp34,14 triliun setelah menjual seluruh sahamnya di EDGE.
Annisa Kurniasari Saumi,Pandu Gumilar
Kamis, 21 Desember 2023 | 16:16
Otto Toto Sugiri, mendulang kekayaan berkat saham data center PT DCI Indonesia Tbk. (DCII).
Otto Toto Sugiri, mendulang kekayaan berkat saham data center PT DCI Indonesia Tbk. (DCII).

Bisnis.com, JAKARTA – Kekayaan Toto Sugiri terpantau mencapai US$2,2 miliar atau setara Rp34,14 triliun setelah menjual seluruh sahamnya di EDGE.

Berdasarkan data Forbes Billionaire Index, Toto Sugiri menempati posisi 1.390 sebagai orang terkaya di seluruh dunia. Total kekayaanya mencapai US$2,2 miliar atau Rp34,14 triliun bila menggunakan asumsi kurs Rp15.518.

Akan tetapi, Forbes mencatat telah terjadi penurunan kekayaan Toto Sugiri mencapai US$20 juta pada hari ini. Padahal sebelumnya, Konglomerat Teknologi itu telah menjual seluruh sahamnya di EDGE.

Sebelumnya, Komisaris PT Indointernet Tbk. (EDGE) Otto Toto Sugiri menjual seluruh kepemilikan sahamnya di EDGE dengan nilai Rp1,16 triliun, setelah sebelumnya mengajukan pengunduran dirinya sebagai Wakil Komisaris EDGE. 

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Toto Sugiri diketahui menjual seluruh kepemilikannya di EDGE, yakni sebanyak 334,49 juta saham EDGE. Kepemilikan tersebut setara dengan 16,56% saham EDGE. 

Toto Sugiri melakukan penjualan saham EDGE pada harga Rp3.496 per saham. Transaksi penjualan ini dilakukan pada 15 Desember 2023. 

"Tujuan transaksi adalah untuk penjualan saham," kata Corporate Affair Director EDGE Karla Winata dalam keterbukaan informasinya, Selasa (19/12/2023). 

Adapun jika dihitung, penjualan 334,49 juta saham EDGE ini membuat Toto Sugiri meraih dana sebesar Rp1,16 triliun. 

Setelah penjualan ini, Toto Sugiri tercatat tidak lagi menggenggam saham EDGE. Persentase saham Toto Sugiri di EDGE sesudah transaksi adalah sebesar 0% alias 0 saham. 

Meski sebelumnya menggenggam saham EDGE dengan jumlah signifikan, Otto Toto Sugiri bukan merupakan pengendali dari EDGE. Pengendali EDGE saat ini adalah Digital Edge (Hong Kong) Ltd. dengan kepemilikan sebanyak 1,19 miliar saham, atau setara 59,10% kepemilikan. 

Sebelumnya, dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), manajemen EDGE menjelaskan pada 18 Desember 2023 EDGE telah menerima surat pengunduran diri Otto Toto Sugiri selaku Wakil Komisaris Utama EDGE tertanggal 15 Desember 2023. 

Dengan pengunduran diri ini, EDGE akan mematuhi ketentuan yang diatur dalam POJK Nomor 33/2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik. 

Kabar Otto Toto Sugiri yang melepas seluruh kepemilikannya di EDGE membuat saham EDGE ambrol 2,86% ke level Rp5.950 pada pukul 15.25 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper