Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Link Net Segera Transfer 750.000 Pelanggan ke XL Axiata (EXCL)

PT Link Net Tbk. (LINK) akan segera mengalihkan bisnis Fixed Broadband (FBB) 750.000 pelanggannya ke PT XL Axiata Tbk. (EXCL).
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – PT Link Net Tbk. (LINK) akan segera mengalihkan bisnis Fixed Broadband (FBB) L 750.000 pelanggannya ke PT XL Axiata Tbk. (EXCL).

LINK juga akan melalukan pembangunan jaringan baru 2 juta home passed oleh Link Net yang akan dimanfaatkan oleh XL Axiata untuk menyediakan layanan FBB dan Fixed Mobile Convergence (FMC). Setelah menyelesaikan tambahan  2 juta home passed tersebut, Link Net akan memiliki ketersediaan hingga 6,5 juta home passed sehingga menjadikannya sebagai FibreCo.

CEO XL Axiata Dian Siswarini menyatakan peningkatan permintaan yang besar untuk layanan FBB dan FMC sangat menegaskan arah strategis perseroan.

“Kami percaya kolaborasi antara XL Axiata dan Link Net akan memungkinkan kami untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dan mendorong percepatan pertumbuhan layanan FBB dan FMC di Indonesia. Dengan memperluas infrastruktur jaringan dan layanan, kami akan lebih efektif menjangkau masyarakat Indonesia yang lebih luas, memenuhi kebutuhan dan preferensi konvergensi mereka yang terus berkembang untuk berbagai layanan fixed, mobile, dan konten,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Rabu (6/12/2023).

Dian menambahkan pengalihan basis pelanggan Link Net yang terdiri dari sekitar 750.000 pelanggan ke XL Axiata menjadi tonggak penting karena akan memperluas basis pelanggan untuk FBB dan layanan home entertainment.

Menurutnya ini menjadikan XL Axiata menjadi penyedia FBB terbesar kedua di Indonesia dengan 1 juta pelanggan. Sejalan dengan strategi konvergensi EXCL, transisi itu memungkinkan XL Axiata untuk menawarkan kepada pelanggan baru berbagai produk dan layanan.

“Selain itu, kami juga terus mengeksplorasi upaya membangun sendiri last-mile fiber home passed sehingga bisa meningkatkan utilisasi asset yang lebih baik selaras dengan strategi Light Asset,” katanya.

Direktur & Plt CEO Link Net Kanishka Wickrama menambahkan keduanya memiliki komitmen yang sama  untuk menawarkan layanan FBB dan FMC.

“Kesepakatan tidak mengikat untuk mengalihkan bisnis ritel Link Net ke XL Axiata akan memungkinkan Link Net untuk fokus pada kompetensi inti pengembangan jaringan, sehingga akan menjadikannya sebagai FiberCo yang diakui secara global. Selain itu, komitmen XL Axiata untuk memanfaatkan penambahan 2 juta home passed akan mendorong pertumbuhan Link Net yang tinggi di masa mendatang," imbuhn”a.

Selama dua tahun kedepan, Link Net akan menyediakan 6,5 juta home passed untuk dimanfaatkan XL Axiata termasuk untuk melayani 1 juta pelanggan yang sudah ada, dimana mayoritas akan mendapatkan penawaran layanan konvergensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper