Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Emiten Crazy Rich Surabaya Hermanto Tanoko, Ada Bank Danamon (BDMN)

Hermanto Tanoko, konglomerat terafiliasi cat bermerek Avian hingga produsen air mineral Cleo, diketahui memiliki koleksi saham di Bank Danamon (BDMN).
Hermanto Tanoko, konglomerat terafiliasi cat bermerek Avian hingga produsen air mineral Cleo, diketahui memiliki koleksi saham di Bank Danamon (BDMN). /Instagram
Hermanto Tanoko, konglomerat terafiliasi cat bermerek Avian hingga produsen air mineral Cleo, diketahui memiliki koleksi saham di Bank Danamon (BDMN). /Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Hermanto Tanoko, konglomerat terafiliasi cat bermerek Avian hingga produsen air mineral Cleo, diketahui memiliki koleksi sahamnya PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN).

Pria yang kerap disebut sebagai Crazy Rich Surabaya pemilik PT Avia Avian Tbk. (AVIA) tersebut duduk di posisi ke-13 sebagai pemegang saham Bank Danamon dengan porsi kepemilikan 7,03 juta (7.035.700) saham atau 0,08 persen.

Hermanto Tanoko naik peringkat ke posisi ke-13 dari sebelumnya posisi ke-14 sebagai pemegang saham terbesar di Bank Danamon. Namun, jika dilihat secara rinci per 31 Oktober 2023, tercatat porsi kepemilikan sang taipan sebesar 7,03 juta (7.035.700) saham atau 0,07%.

Meski, persenan saham turun dari yang sebelumnya 0,08%, akan tetapi secara jumlah saham yang dimiliki sang taipan ini tidak berubah dari posisi Juni 2023.

Sebagai informasi, apabila dibandingkan dari periode sebelumnya. Tercatat, koleksi saham Hermanto Tanoko memang terpantau kian menebal. 

Misal, pada April 2023, di mana koleksi saham Hermanto Tanoko hanya sebanyak 6,05 juta (6.059.000) saham dengan persentase kepemilikan sebesar 0,07%. Lalu, pada Mei 2023, kepemilikan sahamnya menjadi 6,33 juta (6.334.700) saham atau 0,07%. 

Adapun, perubahan posisi yang terjadi saat ini, lantaran adanya pergeseran dalam persentase kepemilikan. Sejumlah pihak memilih untuk memperbesar porsi kepemilikan saham, sebaliknya ada pula yang justru menguranginya. 

Berdasarkan RTI Business pada penutupan perdagangan Jumat (24/11/2023) saham BDMN duduk di level Rp2.810 per saham. Dengan asumsi harga tersebut, total nilai kepemilikan saham pria terkaya ke-16 di RI versi Forbes tersebut mencapai Rp19,77 miliar.

Orang yang memiliki harta US$1,9 miliar atau sekitar Rp29,47 triliun (asumsi kurs Rp15.510) per Sabtu (25/11/2023) ini memang membawahi beragam subholding, mulai dari distribusi, hospitality, retail, health and beauty hingga properti.

Sebagai orang yang masuk ke jajaran orang terkaya di Indonesia, melalui ‘Tancorp’, dirinya memang membawahi beragam subholding, mulai dari distribusi, hospitality, retail, health and beauty hingga properti.

Portofolio Bisnis Hermanto Tanoko

1. Air Mineral 

Melalui PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO) yang mulai melantai di Bursa Efek Indonesia pada 5 Mei 2017. Mengutip dari RTI, PT Tancorp Global Abadi memiliki sebanyak 6,69 miliar saham atau 55,79 persen. Lalu, PT Tancorp Global Sentosa juga memiliki 2,53 miliar atau setara 21,09 persen dari seluruh saham. Keduanya merupakan pengendali produsen air mineral CLEO.

2. Properti

Hermanto Tanoko juga menjadi pemilik PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk. (RISE) yang listing pada 9 Juli 2018. Saat ini, PT Tancorp Global Sentosa memiliki saham sebanyak 8,78 miliar atau 80,3 persen serta menjadi pengendali RISE. 

Melansir dari situs resmi perusahaan, dirinya memiliki sejumlah hotel, perkantoran, apartemen, residensial hingga pergudangan. Mulai dari, Arc 100, Voza Tower, Vasa Hotel, Kyo Society, Dakota, Grand Sunsire, hingga Cleo Hotels 

3. Industri Bahan Bangunan 

Tanbiz Brand merupakan Sub Holding yang bergerak dibidang industri bahan bangunan, plastik, hingga bahan baku plastik. Ada beberapa emiten yang tergabung di anak usaha ini, seperti PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk. (CAKK). 

PT Tancorp Bangun Indonesia sendiri menjadi pengendali CAKK yang melantai di Bursa pada 31 Oktober 2018, dengan total kepemilikan mencapai 752,6 juta saham atau 62,54 persen. 

Tak hanya itu, bisnis yang kini melejitkan namanya juga bergerak di industri cat, PT Avia Avian Tbk. (AVIA). AVIA resmi listing di Bursa Efek Indonesia pada 8 Desember 2023 dengan menawarkan 6,20 miliar saham di harga Rp930 per lembar. 

4. Perbankan

Hermanto Tanoko tercatat memiliki 7.035.700 saham BDMN atau 0,08 persen per Oktober 2023, yang membuatnya masuk dalam top 20 pemegang saham Bank Danamon di nomor 13.

Jumlah tersebut bertambah dari data per 30 April. Saat itu, bos Grup Tancorp ini mempunyai 6.059.000 saham atau 0,07 persen dan posisinya ada di nomor 16 pemegang saham terbesar BDMN. PT Tancorp Surya Sentosa sendiri menjadi pemegang saham pengendali AVIA sebesar 22,67 miliar saham atau 36,6 persen. 

5. Ritel

Mengutip dari situs perusahan, ada dua unit usaha yang berada di bawah naungan Tanworld Network, gurita bisnis milik Hermanto yang memayungi beberapa aktivitas brand.

Pertama, PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. (DEPO) yang listing pada 25 November 2021. Emiten yang bergerak pada bidang retail bahan bangunan. PT Tancorp Surya Sukses menjadi pengendali dengan kepemilikan 1,59 miliar saham atau setara dengan 23,5 persen dari total saham yang beredar. 

Kedua, PT Mega Perintis Tbk. (ZONE), ritel fesyen yang terkenal dengan merek Manzone. 

Crazy Rich Surabaya ini juga mencatatkan PT Penta Valent Tbk. (PEVE) yang telah melantai di Bursa pada Januari 2023. PEVE merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor produk farmasi,dan konsumsi.

Melansir dari RTI, per 30 Juni 2023 PT Tancorp Mega Buana menjadi pemegang saham pengendali dengan kepemilikan sebanyak 988,7 juta saham atau sebesar 56 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper