Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wall Street Ditutup Beragam, Investor Tunggu Data Inflasi AS

Wall Street ditutup dengan beragam karena investor bersiap untuk pembacaan inflasi AS agar konsumen bertahan dalam menghadapi biaya pinjaman yang tinggi.
Informasi pasar saham di Nasdaq MarketSite di New York, AS, pada hari Selasa, 8 Agustus 2023./Bloomberg
Informasi pasar saham di Nasdaq MarketSite di New York, AS, pada hari Selasa, 8 Agustus 2023./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Wall Street ditutup dengan beragam karena investor bersiap untuk pembacaan inflasi AS agar konsumen bertahan dalam menghadapi biaya pinjaman yang tinggi.

Dow Jones Industrial Average (DJI) adalah satu-satunya indeks yang ditutup di zona hijau, naik 0,16%, atau lebih dari 50 poin. Itu merupakan penutupan tertinggi indeks sejak 20 September.

Indeks acuan S&P 500 (GSPC) dan Nasdaq Composite (IXIC) yang sarat teknologi ditutup masing-masing turun sekitar 0,1% dan 0,2%.

Fokus utama adalah laporan Indeks Harga Konsumen bulan Oktober yang akan dirilis pada hari Selasa, yang merupakan masukan penting bagi Federal Reserve dalam keputusan suku bunganya. Komentar beberapa pejabat The Fed pekan lalu membuka kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut, sehingga mengurangi optimisme pelonggaran pengetatan yang telah membantu mendukung saham.

Menambah nada hati-hati adalah kekhawatiran mengenai keuangan pemerintah AS, setelah Moody's mengubah pandangan utangnya menjadi "negatif" dari "stabil" dan seiring dengan semakin dekatnya batas waktu penutupan pada hari Jumat. Anggota parlemen tidak mempunyai kemauan untuk menyelesaikan krisis fiskal karena situasi utang diperburuk oleh tingginya suku bunga, mantan pejabat Fed Bill Dudley memperingatkan.

Di satu sisi adalah UBS Group AG dan Morgan Stanley, yang masing-masing mengantisipasi penurunan suku bunga besar-besaran pada tahun 2024 ketika inflasi mereda dan perekonomian terhenti. Di sisi lain adalah Goldman Sachs Group Inc., di mana para analis memperkirakan pengurangan yang lebih sedikit dan permulaan yang lebih lambat.

Perbedaan pendapat muncul setelah Departemen Keuangan mengalami kekeliruan dalam beberapa minggu terakhir, dimana para pedagang berusaha memahami data ekonomi terbaru bahkan ketika penjualan utang memicu kekhawatiran pasokan. Obligasi AS merosot tajam pada bulan lalu, mendorong imbal hasil ke level tertinggi dalam beberapa tahun, dan kemudian menguat pada bulan November setelah The Fed mempertahankan suku bunga tetap stabil dan Ketua Jerome Powell memberi isyarat bahwa siklus pengetatan bank sentral pada akhirnya akan berakhir.

UBS memperkirakan pengurangan akan dimulai segera pada bulan Maret, dengan asumsi bahwa perekonomian AS akan memasuki resesi mulai kuartal kedua. Hal ini pada gilirannya akan mendorong bank sentral untuk menurunkan suku bunga dalam jumlah besar yang biasa terjadi pada siklus pelonggaran kebijakan – lebih besar dari perkiraan The Fed saat ini.

“Kami tidak melihat kondisi mengapa kali ini sangat berbeda,” kata Bhanu Baweja, kepala strategi di UBS Investment Bank. “Inflasi menjadi normal dengan cepat dan saat kita memasuki bulan Maret, The Fed akan memperkirakan tingkat suku bunga riil yang sangat tinggi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper