Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harta Prajogo Pangestu Salip Bos Facebook dan Pemilik Arsenal

Prajogo Pangestu bahkan mampu melampaui salah satu pendiri Facebook dan pemilik Arsenal dalam hal kekayaan.
prajogo pangestu/baritopacific
prajogo pangestu/baritopacific

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah nama orang Indonesia masuk dalam daftar 500 orang terkaya di Bloomberg Billionaires Index, salah satunya adalah Prajogo Pangestu yang merupakan urutan ke-77. Prajogo bahkan melampaui salah satu pendiri Facebook dan pemilik Arsenal dalam hal kekayaan.

Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index per 13 November 2023, Prajogo Pangestu tercatat menjadi orang terkaya urutan ke-77 dengan total kekayaan mencapai US$20,6 miliar atau setara dengan Rp323,2 triliun (kurs Jisdor Rp15.693 per dolar AS). Total perubahan kekayaan Pangestu secara year-to-date (YTD) sebesar US$16.1 miliar atau Rp252,6 triliun.

Adapun kekayaan Prajogo Pangestu berasal dari kepemilikan sahamnya di PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) sebesar 71% saham, menurut laporan sekuritas Bursa Efek Indonesia (BEI) bulan September 2023.

Prajogo Pangestu juga memiliki 8% saham PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) secara langsung, menurut laporan keuangan perusahaan pada bulan September 2023. Lalu, PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN), di mana Pangestu memiliki 22% saham, terdaftar pada bulan Oktober 2023, menurut prospektusnya.

Total kekayaan Pangestu bahkan melebihi kekayaan yang dimiliki Co-Founders Meta Platforms, perusahaan di balik Facebook yakni Dustin Moskovitz yang menempati urutan ke-89. Total kekayaan Moskovitz sebesar US$18,6 miliar atau Rp291,8 triliun.

Kekayaan yang dimiliki Prajogo Pangestu juga mengalahkan total kekayaan pemilik mayoritas Cleveland Cavaliers, waralaba National Basketball Association (NBA), Dan Gilbert yang menempati posisi ke-82. Kekayaan Gilbert tercatat sebesar US$19,7 miliar atau setara Rp309,1 triliun.

Selain itu, Pangestu juga mengalahkan total kekayaan pemilik klub sepak bola Inggris Arsenal, Stan Kroenke yang menduduki urutan ke-108. Di mana total kekayaan Kroenke sebesar US$16,3 miliar atau setara dengan Rp255,7 triliun.

Sementara itu, beberapa orang Indonesia lainnyayang masuk dalam daftar 500 orang terkaya Blomberg di antaranya adalah pendiri PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) Low Tuck Kwong yang menempati urutan ke-54. Kekayaan Low tercatat sebesar US$26,4 miliar atau Rp414,2 triliun.

Lalu, pemilik grup Djarum Budi Hartono dan Michael Hartono yang masing-masing mengisi urutan ke-75 dan 80. Total kekayaan Budi Hartono dan Michael Hartono masing-masing sebesar US$21,1 atau Rp331,1 triliun dan US$20 miliar atau Rp313,8 triliun.

Selanjutnya, Chairman grup Salim, Anthoni Salim yang menempati urutan ke-200 dengan total kekayaan sebesar US$ 9,87 miliar atau Rp154,8 triliun. Chairman Indorama Corp, Sri Prakash Lohia menduduki urutan ke-372 dengan kekayaan US$6,36 miliar atau Rp99,8 triliun. (Daffa Naufal Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper