Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Baturaja (SMBR) Angkat Komisaris dan Direktur Baru, Ini Susunannya

Komisaris Utama PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) Franciscus M.A. Sibarani undur diri dan digantikan oleh Alex Iskandar Munaf.
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) pada Rabu (8/11/2023) menyetujui susunan komisaris dan direksi yang baru.
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) pada Rabu (8/11/2023) menyetujui susunan komisaris dan direksi yang baru.

Bisnis.com, JAKARTA – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) menyetujui pengunduran diri Franciscus M.A. Sibarani dari jabaannya sebagai Komisaris Utama. Sejumlah susunan dewan komisaris dan direksi perseoan pun ikut berubah.

SMBR, anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR), mengagendakan perubahan susunan pengurus perseroan dengan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Hotel Sari Pacific, Jakarta, pada Rabu (8/11/2023).

Berdasarkan keterangan resmi, pengunduran diri Franciscus M.A. Sibarani sebagai Komisaris Utama telah disetujui oleh para pemegang saham. Bersamaan dengan itu, RUPSLB juga memberhentikan dengan hormat Daconi Khotob selaku Direktur Utama.

Para pemegang saham mengangkat Alex Iskandar Munaf sebagai Komisaris Utama dan Inosentius Samsul sebagai Komisaris. Selain itu, Suherman Yahya yang sebelumnya Direktur (Fungsi Operasi) diangkat sebagai Direktur Utama, dan Muhammad Syafitri diangkat menjadi Direktur (Fungsi Operasi).

Dalam sambutannya Daconi Khotob mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak SMBR karena telah bekerja sama selama 7 tahun terakhir.

“Saya berharap yang terbaik untuk SMBR di masa yang akan datang dengan jajaran pengurus yang baru, semoga SMBR semakin maju semakin jaya dan semakin sukses, saya juga berharap agar kesejahteraan karyawan semakin meningkat.” ungkap Daconi berdasarkan keterangan resmi, Rabu (8/11).

Susunan Dewan Komisaris dan Direksi SMBR Terkini

Dewan Komisaris:

  • Komisaris Utama/Independen : Alex Iskandar Munaf
  • Komisaris Independen : Chowadja Sanova
  • Komisaris : Inosentius Samsul
  • Komisaris : Hadi Daryanto


Dewan Direksi:

  • Direktur Utama : Suherman Yahya
  • Direktur (Fungsi Operasi) : Muhammad Syafitri
  • Direktur (Fungsi Keuangan dan SDM) : Rahmat Hidayat

Di sisi lain, hingga kuartal III/2023, SMBR berhasil membukukan kenaikan pendapatan dan laba. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama SMBR Daconi Khotob yang saat itu masih menjabat, dalam acara Public Expose (Pubex) SMBR Tahun 2023 yang dilaksanakan secara hybrid di Hotel Bidakara, Jakarta dan live streaming pada Selasa (24/10/2023).

Daconi menyebutkan hingga akhir September 2023, pendapatan SMBR naik 10% menjadi Rp1,45 triliun dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Adapun pendapatan tersebut didorong dari penjualan semen sebesar Rp1,42 triliun, ditambah dengan penjualan White Clay sebesar Rp27,62 Miliar yang tumbuh 13% dari periode yang sama di tahun lalu.

“Hal ini mendorong peningkatan laba bersih yang tumbuh signifikan menjadi Rp53,96 miliar atau naik 25% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Laba bersih yang meningkat didukung juga oleh penurunan beban bunga sebagai dampak dari refinancing hutang bank dan percepatan pembayaran pokok pinjaman kredit sindikasi.” jelas Daconi. (Daffa Naufal Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper