Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Garuda Indonesia (GIAA) soal Merger Citilink dan Pelita Air

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) menargetkan merger antara Citilink Indonesia sebagai entitas anak dengan Pelita Air dapat rampung pada Desember 2023.
Lorenzo Anugrah Mahardhika,Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra
Minggu, 29 Oktober 2023 | 06:27
Pelita Air menggunakan pesawat A320. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) menargetkan merger antara Citilink Indonesia sebagai entitas anak dengan Pelita Air dapat rampung pada Desember 2023. / Dok. Istimewa
Pelita Air menggunakan pesawat A320. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) menargetkan merger antara Citilink Indonesia sebagai entitas anak dengan Pelita Air dapat rampung pada Desember 2023. / Dok. Istimewa

Bisnis.com, TANGERANG — Rencana merger Citilink dan Pelitar Air terus berjalan. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) menargetkan merger antara anak usahanya Citilink Indonesia dengan Pelita Air dapat rampung pada Desember 2023.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra berharap agar proses merger dapat segera rampung karena hal ini tidak serta-merta hanya menggabungkan dua entitas usaha, tetapi juga terdapat pekerjaan mengenai legal atau hukum, hingga sumber daya manusia (SDM).

“Kami berharap harus [selesai Desember 2023], karena kalau lama-lama ribet juga. Mudah-mudahan ya, kami berharap Desember selesai,” ujar Irfan di ICE BSD, Tangerang, Jumat (27/10/2023).

Selain itu, dia mengatakan, masih terdapat banyak pembicaraan mengenai proses penggabungan ini, termasuk beberapa opsi yang dapat ditempuh. Meski demikian, Irfan enggan membeberkan opsi tersebut dan hanya menyebut skenario merger akan disampaikan ketika proses penggabungan sudah mulai mengerucut.

“Kami mau mencari semuanya yang terbaik dan full support untuk Pak Erick [Menteri BUMN Erick Thohir] dan Pak Tiko [Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo],” tuturnya.

Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya mengatakan, penetapan bentuk penggabungan kedua entitas akan bergantung pada kajian pembukuan masing-masing perusahaan. Rencananya, Garuda Indonesia akan melayani konsumen segmen premium, Pelita Air melayani pasar ekonomi premium, sedangkan Citilink akan melayani pasar low cost carrier (LCC). 

Namun, dia menegaskan ketiga maskapai akan tetap beroperasi melayani penumpang sesuai dengan lisensi yang telah dikantongi.

“Kami lihat dulu pembukuannya seperti apa. Selesainya kalau bisa tahun ini, ya tahun ini, tetapi, kalau tidak bisa, mungkin awal tahun depan," kata Erick saat ditemui seusai Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Kamis (31/8/2023).

Tujuan adanya penggabungan ini adalah meningkatkan jumlah pesawat yang beroperasi di Tanah Air. Hal ini lantaran jumlah pesawat yang beroperasi saat ini lebih rendah bila dibandingkan dengan Amerika Serikat (AS).

Dalam perbandingannya, AS memiliki sekitar 330 juta penduduk dengan pendapatan domestik bruto (PDB) US$40.000 dapat mengoperasikan sebanyak 7.200 pesawat. Sementara Indonesia dengan jumlah penduduk 280 juta orang dan PDB US$4.700 hanya mengoperasikan 500 pesawat.

“Kalau kita ambil 10 persennya saja, berarti Indonesia harus punya 720 pesawat. Hari ini, pesawat di Indonesia ada sekitar 500 unit dan belum kembali ke level sebelum pandemi,” ujarnya.

Kinerja Garuda

Irfan pun optimistis prospek kinerja GIAA akan terus meningkat pada semester II/2023. Faktor-faktor yang mendukung pertumbuhan ini meliputi musim liburan kenaikan kelas, perjalanan umrah, serta periode puncak seperti Natal dan Tahun Baru.

Dia mengatakan, Garuda Indonesia juga telah meningkatkan jumlah penerbangan umrah dari berbagai kota utama di Indonesia.

Pada kuartal II/2023, GIAA berhasil mencatatkan laba bersih sebesar US$33,6 juta, atau berbalik dari posisi kerugian sebesar US$110 juta yang dialami pada kuartal sebelumnya.

Selanjutnya, perusahaan juga berharap dapat menerima tiga dari lima pesawat berbadan sempit (narrow body) yang telah dipesan pada akhir kuartal III/2023. 

Lebih lanjut, Irfan menyebut GIAA berhasil menurunkan harga sewa pesawat hingga 30-50 persen setelah restrukturisasi.

"Perseroan kini hanya membayar biaya sewa pesawat sesuai dengan durasi pemakaian pesawat kepada lessor," kata Irfan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper