Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Ditutup Naik ke 6.958, Saham BREN-STRK Melejit, GOTO Anjlok

Saham yang baru IPO BREN-STRK melesat saat IHSG hari ini ditutup menguat sedangkan saham GOTO anjlok.
Saham yang baru IPO BREN-STRK melesat saa IHSG hari ini ditutup menguat sedangkan saham GOTO anjlok. Bisnis/Himawan L Nugraha
Saham yang baru IPO BREN-STRK melesat saa IHSG hari ini ditutup menguat sedangkan saham GOTO anjlok. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup menguat 0,05 persen dan naik ke level 6.935,15 pada , Kamis (12/10/2023). Di jajaran big caps, saham BREN terpantau melejit, sementara STRK masuk daftar top gainers

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, IHSG menguat 0,05 persen atau 3,39 poin ke 6.935,15. Sepanjang hari ini, IHSG dibuka di posisi 6.931,88 dan mencapai level tertingginya 6.986,88. 

Tercatat sebanyak 221 saham menguat, 330 saham melemah, dan 206 saham bergerak di tempat. Adapun market cap berada pada level Rp10.559,21 triliun.

Dari jajaran saham berkapitalisasi pasar jumbo atau big cap, saham PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) menguat 24,75 persen ke Rp1.890. Posisi ini disusul saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) yang naik 2,90 persen menuju Rp5.325 per lembar.

Selain itu, saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) naik 1,40 persen ke Rp9.050, lalu PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) meningkat 1,32 persen ke Rp3.830 per lembar.

Adapun penghuni top gainers pada hari ini dipimpin oleh saham PT Optima Prima Metal Sinergi Tbk. (OPMS) yang melesat 34,55 persen ke level Rp74. Posisi ini disusul saham PT Lovina Beach Brewery Tbk. (STRK) yang kembali melesat 34,07 persen menuju Rp224.

Di sisi lain, penghuni saham paling boncos atau top losers adalah PT Mutuagung Lestari Tbk. (MUTU) yang merosot 18,75 persen ke level 117. Sementara itu, saham PT Koka Indonesia Tbk. (KOKA) juga turun 16,47 persen ke posisi Rp142 per lembar.

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) juga anjlok 7,59 persen atau 6 poin menjadi Rp73, rekor terendah saham GOTO. 

Sebelumnya, Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih telah memperkirakan bahwa IHSG akan bergerak terbatas, setelah ditutup menguat 0,14 persen kemarin.

Sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG, antara lain, berasal dari laporan gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menyebutkan penjualan mobil domestik pada September 2023 terkoreksi 10 persen secara bulanan menjadi 79.883 unit. 

Secara tahunan penjualan mobil pada September 2023 terkoreksi 20,1 persen. Ketidakpastian ekonomi global menyebabkan kenaikan dolar AS, sehingga suku bunga tinggi masih menjadi perhatian utama pelaku pasar untuk menunda pembelian barang nonprimer. 

Di sisi lain, hingga 4 Oktober 2023, Proyek Strategis Nasional (PSN) telah terealisasikan sebanyak 170 proyek dengan nilai investasi sebesar Rp1.299,41 triliun, sedangkan sebesar 61 proyek masih dalam tahap konstruksi.  

Dari mancanegara, risalah The Fed pada FOMC September 2023, menekankan bahwa pengambilan keputusan kenaikan suku bunga harus dilakukan secara hati-hati dan mempertimbangkan rilis data ekonomi sebagai tolok ukur. Pandangan tersebut memberikan isyarat kenaikan suku bunga lanjutan tidak dibutuhkan dalam FOMC selanjutnya.  

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pola pergerakan IHSG terlihat sedang berusaha keluar dari rentang konsolidasi wajarnya, tetapi gelombang tekanan masih akan membayangi IHSG hingga beberapa waktu mendatang. 

“Selain itu masih tercatatnya capital outflow secara year-to-date yang cukup signifikan serta masih melemahnya nilai tukar rupiah hingga saat ini turut memberikan sentimen negatif bagi IHSG,” kata William dalam risetnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper