Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Diprediksi Melemah, Ajaib Sekuritas Rekomendasikan Saham BRMS, WIFI dan TUGU

IHSG diprediksi mixed cenderung melemah ke posisi 6.870 pada perdagangan hari ini, Selasa (29/8/2023). Ajaib Sekuritas rekomendasikan saham BRMS, WIFI dan TUGU.
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak mixed cenderung melemah ke posisi 6.870 pada perdagangan hari ini, Selasa (29/8/2023). Meski begitu, Ajaib Sekuritas merekomendasikan saham BRMS, WIFI dan TUGU untuk trading pagi ini.

Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih menjelaskan pada perdagangan Senin (28/8/2023) IHSG ditutup menguat 0,38 persen atau naik 26,28 poin di level 6.921,72.

"IHSG hari ini diprediksi bergerak mixed cenderung melemah dalam range 6.870–6.950," kata Ratih dalam riset harian.

Adapun sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain, dari dalam negeri, pada pertemuan 10th ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors (AFMGM) para menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara di kawasan ASEAN mendiskusikan poin penting untuk menjaga stabilitas ekonomi.

Poin penting tersebut diantaranya, proses pemulihan dan pembangunan kembali ekonomi pasca pandemi, ekonomi digital dan isu keberlanjutan (sustainability). Di sisi lain, nilai tukar rupiah mengalami pelemahan, dimana kurs Jisdor berada di level Rp15.294 per dolar AS atau terdepresiasi  1,17 persen MtD (28/8/2023). Kondisi tersebut sejalan dengan volatilitas pasar keuangan global.

Dari mancanegara, Jumlah uang beredar (M3) di Kawasan Eropa terkoreksi minus 0,4 persen yoy menjadi EUR15,6 triliun pada Juli 2023, lebih rendah dari bulan sebelumnya yang tercatat tumbuh 0,6 persenyoy.

Penyaluran kredit perbankan untuk segmen rumah tangga tumbuh 1,3 persen yoy menjadi EUR6,86 triliun, setelah bulan sebelumnya tumbuh 1,7 persen yoy. Penyaluran kredit ke sektor korporasi tumbuh 2,2 persen yoy di level EUR5,15 triliun, lebih lambat dari pertumbuhan bulan sebelumnya 3 persen yoy.

Dari Asia, Indeks ekonomi utama Jepang pada periode Juni 2023 turun ke level 108,9 dari bulan sebelumnya sebesar 109,1. Hasil tersebut mencerminkan terkoreksinya aktivitas manufaktur dan sektor jasa.

Seiring dengan prediksi IHSG yang bergerak mixed serta beberapa sentimen yang mempengaruhinya, Ajaib sekuritas merekomendasikan saham-saham berikut.  


BRMS


Buy : 200
TP: 206
Stop loss: <195    
Pergerakan BRMS saat ini dalam trend bullish dan sempat menguji golden ratio Fibo 0.618, harga saat ini solid di atas ketiga MA-5, MA-20, dan MA-50. Disusul dukungan dari penguatan volume secara signifikan ditengah posisi oscillator yang mulai menguat pada area overbought.


WIFI

Buy        : 189
TP        : 195
Stop loss    : <184
Pergerakan WIFI telah berada pada area support dalam pergerakan konsolidasi sejak periode Juli lalu, pergerakan saat ini menguji area MA 5. didorong oleh pergerakan volume yang meningkat pada perdagangan terakhir serta mendapatkan momentum positif dari pergerakan indikator oscillator yang mulai menguat pada area oversold.


TUGU

Buy : 1295     
TP: 1335
Stop loss: <1260
Secara teknikal TUGU dalam trend bullish jangka menengah, harga berhasil break di atas MA-5, Ma-20, dan MA-50. Hal ini juga tercermin dari pergerakan volume yang solid di atas avg 10 hari. Dari sisi oscillator bergerak menguat dalam zona netral.

____

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper