Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Ditutup Menguat, Kapitalisasi Pasar Amman (AMMN) Kalahkan Astra (ASII)

Pada penutupan IHSG hari ini, saham AMMN kembali menempati posisi teratas dengan kenaikan tertinggi yakni 6,09 persen.
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,07 persen sehingga parkir di 6.921,41 pada perdagangan Rabu (23/8/2023) di tengah pergerakan beragam bursa-bursa saham di kawasan Asia. Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) menjadi salah satu big caps dengan penurunan terdalam, sementara kapitalisasi pasar PT Amman Mineral Internasional Tbk. (AMMN) terus bertambah hingga melampaui PT Astra International Tbk. (ASII). 

Indeks komposit sempat mencapai posisi tertinggi di 6.959,43 dan terendah di 6.920,17 sepanjang sesi perdagangan. Sebanyak 264 saham ditutup parkir di zona hijau, 257 saham melemah, dan 222 saham lainnya ditutup di posisi yang sama dengan harga kemarin.

Di kawasan Asia, data Bloomberg memperlihatkan bursa saham China ditutup melemah 1,34 persen dan Shenzhen Component Index turun 2,14 persen. Sementara itu, Nikkei 500 di Jepang menguat 0,48 persen dan Hang Seng di Hong Kong naik 0,31 persen.

Berdasarkan sektor, IDX Basic Industry ditutup menguat 1,63 persen dan IDX Energy ditutup dengan kenaikan 0,51 persen. Kemudian sektor industri transportasi menguat 0,95 persen dan konsumer cyclical terapresiasi 0,44 persen.

Sektor teknologi melemah dengan koreksi 0,08 persen saat penutupan. Kemudian sektor finansial melemah 0,27 persen dan infrastruktur turun 0,30 persen.

Di jajaran saham-saham berkapitalisasi jumbo, saham AMMN kembali menempati posisi teratas dengan kenaikan tertinggi yakni 6,09 persen ke Rp3.830 per saham. Kemudian saham TPIA, BYAN dan UNVR menyusul dengan kenaikan 1,42 persen, 1,21 persen dan 1,08 persen.

Lonjakan saham AMMN membuat kapitalisasi pasarnya bertambah menjadi Rp275,43 triliun, melampaui kapitalisasi pasar Astra yang sebesar Rp265,16 triliun.

Saham GOTO kembali ditutup di zona merah dengan koreksi 2,27 persen sehingga parkir di Rp86 per saham. Selanjutnya BMRI dan BBNI kompak turun 1,68 persen dan 0,27 persen.

Pilarmas Investindo Sekuritas dalam riset tengah hari menyebutkan IHSG menguat pada sesi pertama ke level  6.946. Indeks IHSG dan  bursa regional Asia  cenderung menguat yang tampaknya merespons data terbaru PMI manufaktur dan Service Jepang serta pidato Presiden China.

The au Jibun Bank Japan Manufacturing PMI naik menjadi 49,7 pada Agustus 2023 dari sebelumnya 49,6 pada Juli. Selanjutnya, The au Jibun Bank Japan Services PMI meningkat ke level tertinggi dalam tiga bulan di 54,3 pada Agustus 2023 dari sebelumnya 53,8 pada Juli. Ini memberikan gambaran bagaimana aktivitas manufaktur dan servis Jepang kembali menggeliat meskipun aktivitas manufaktur di zona kontraksi.

Selanjutnya pasar menyikapi langkah pemerintah China dalam menjaga perekonomiannya. Presiden Xi Jinping dalam pidatonya mengatakan bahwa perekonomian China cukup tangguh dan fundamental pertumbuhan jangka panjangnya tetap tidak berubah. China kemungkinan akan menjual kepemilikan treasury Amerika Serikat (AS) untuk melindungi nilai tukar yuan.

“Pasar menilai ini bagian dari upaya pemerintah China dalam menjaga stabilitas perekonomiannya,” tulis Pilarmas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper