Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Rencana Galang Dana, Pefindo Kasih Rating AAA buat Mitratel

PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) atau Mitratel berencana melakukan penggalangan dana untuk membiayai ekspansi atau refinancing perusahaan.
Direktur Utama PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) atau Mitratel Theodorus Ardi Hartoko dalam paparan publik Mitratel secara daring, Jumat (22/4/2022).
Direktur Utama PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) atau Mitratel Theodorus Ardi Hartoko dalam paparan publik Mitratel secara daring, Jumat (22/4/2022).

Bisnis.com, JAKARTA – PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) atau Mitratel berencana melakukan penggalangan dana untuk membiayai ekspansi atau refinancing perusahaan. Pefindo memberikan peringkat terbaik untuk aksi tersebut.

Direktur Mitratel Hendra Purnama secara tersirat membeberkan rencana perseroan untuk melakukan aksi korporasi dalam waktu dekat. Rencananya, melalui aksi tersebut Mitratel akan mendapat kucuran dana segar untuk memperkuat fundamental perusahaan dari sisi bisnis dan finansial.

“Kalau kebutuhan pendanaan sesuai sama anggaran capex, maka kami tidak membutuhkan pendaanan yang signifikan. Saat ini yang kami perlu refinancing untuk mendapatkan biaya lebih murah untuk bond dan medium term note yang sedang kami jajaki,” katanya beberapa waktu lalu.

Hendra mengatakan dari sisi fundamental, posisi net debt to EBITDA Mitratel adalah 1,8 kali. Dia menyebut hasil itu jauh lebih rendah daripada rata-rata industri di kisaran 4 kali. Oleh sebab itu dia meyakini, Mitratel memiliki ruang yang besar untuk mengambil pinjaman.

Sementara itu, Pefindo menetapkan peringkat idAAA terhadap PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (Mitratel) dan rencana penerbitan MTN senilai sebesar-besarnya mencapai Rp1 triliun. Outlook untuk peringkat Perusahaan adalah stabil.

“Peringkat tersebut mencerminkan posisi pasar Mitratel yang superior di industri menara telekomunikasi, visibilitas pendapatan yang kuat, serta profil keuangan yang sangat kuat. Namun peringkat tersebut dibatasi oleh rasio tenancy rendah,” tulis tim riset pada Selasa (8/8/2023).

Akan tetapi, peringkat dapat diturunkan jika posisi pasar Mitratel melemah secara signifikan, atau investasi yang dilakukan berdampak negatif terhadap profil bisnis atau keuangan Perusahaan.

Peringkat juga dapat diturunkan jika Mitratel mencatatkan pendapatan atau EBITDA yang secara signifikan lebih rendah dari yang ditargetkan, atau apabila posisi utang Perusahaan meningkat jauh lebih tinggi dari yang diproyeksikan tanpa dikompensasi oleh peningkatan pendapatan yang lebih besar.

Di sisi lain, JP Morgan memilih untuk menaikkan saham PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau Mitratel setelah melihat hasil laporan keuangan. Dari semula Rp900 naik 10 poin menjadi Rp910 per saham hingga Juni 2024.

Adapun target harga anyar berbasis pada perkiraan EV/EBITDA yang ditarget sebesar 11,5 kali. "Kami meningkatkan estimasi EBITDA full year 2023 dan 2024 sebesar 1 persen karena ekspektasi belanja modal yang lebih rendah," tulis Riset JP Morgan.

Sebagai gambaran, target dari JP Morgan setara dengan potensi kenaikan 31 persen jika dibandingkan dengan harga penutupan akhir pekan lalu di Rp695

Lembaga internasioal itu bahkan memperkirakan jumlah tower MTEL pada tahun ini mencapai 37.718 tower dan 38.468 tower pada 2024. Sementara untuk, jumlah tenant akan mencapai 57.646 tenant pada 2023 dan meningkat jadi 60.754 pada 2024.

JP Morgan memperkirakan pendapatan MTEL pada tahun ini mencapai Rp8,55 triliun dan meningkat jadi Rp9,3 triliun pada 2024. EBITDA yang disesuaikan pada tahun ini diproyeksi menembus Rp6,86 triliun dan pada 2024 sebesar Rp7,54 triliun.

Terkait laba bersih, MTEL diproyeksi meraih Rp2,08 triliun pada akhir 2023, dan sebesar Rp2,41 triliun pada akhir 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper