Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Bos PSIS Boyong Charlie Hospital Semarang IPO, Cek Harganya

Junianto atau Ebes Anto, sempat memiliki 30 persen saham klub sepak bola PSIS. Kini, pemilik PT Wahyu Agung Group itu mengantar Charlie Hospital Semarang IPO.
Charlie Hospital, rumah sakit milik PT Wahyu Agung Group, perusahaan konstruksi asal Kota Surabaya.-Istimewa/Charlie Hospital
Charlie Hospital, rumah sakit milik PT Wahyu Agung Group, perusahaan konstruksi asal Kota Surabaya.-Istimewa/Charlie Hospital

Bisnis.com, SEMARANG - Perusahaan konstruksi asal Kota Surabaya, PT Wahyu Agung Group, mengantarkan anak usahanya yaitu PT Charlie Hospital Semarang Tbk. ke lantai bursa.

Dalam prospektus yang dirilis pada Kamis (3/8/2023), disebutkan Charlie Hospital Semarang akan menawarkan hingga 530 juta saham dengan nilai nominal Rp50 per saham melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO). Jumlah saham yang dilepas ke publik tersebut setara 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh. 

Selama periode bookbuilding, Charlie Hospital Semarang menawarkan harga IPO pada kisaran Rp105-Rp125 per saham, sehingga  dana yang akan berpotensi terkumpul dari IPO tersebut berkisar Rp55,60 miliar hingga Rp66,25 miliar.

Kepala Perwakilan Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) Semarang Fanny Rizki mengonfirmasi kabar tersebut.

"Saat ini masih dalam proses di [BEI] pusat, pangapunten belum bisa menyampaikan hasilnya," jelasnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (3/8/2023). 

Saat ini, Charlie Hospital Semarang telah mengoperasikan satu unit rumah sakit di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Rumah sakit swasta itu resmi beroperasi sejak 2019 dan pada Mei 2021 lalu telah melayani pasien BPJS.

Dalam laman resmi milik Charlie Hospital Semarang , disebutkan bahwa perusahaan tersebut tengah mengembangkan satu unit rumah sakit anyar di Kabupaten Demak serta beberapa wilayah lainnya di Jawa Tengah. Rencana tersebut disampaikan pula dalam prospektus perusahaan. D

Sesuai prospektus, sebanyak 48,13 persen dana yang terkumpul dari IPO bakal digunakan buat menyelesaikan pembangunan rumah sakit di Kabupaten Demak. Sementara itu, 45,89 persen dana IPO bakal digunakan buat pembelian alat medis.

Masa penawaran awal saham IPO Charlie Hospital Semarang berlangsung mulai 4 Agustus 2023 hingga 8 Agustus 2023 mendatang. Adapun masa penawaran umum bakal jatuh pada 21-23 Agustus 2023.

Sebagai informasi, saat ini 99,30 persen saham Charlie Hospital Semarang Tbk dipegang oleh PT Wahyu Agung, perusahaan konstruksi asal Kota Surabaya. Sementara itu, sisa kepemilikan saham dipegang oleh Wahyu Fitrianingsih, Junianto, serta Sri Mulyaningsih.

Adapun Junianto atau Ebes Anto merupakan bekas pemilik klub sepak bola PSIS Semarang. Hingga Mei 2023, pengusaha itu memegang 30 persen saham PSIS Semarang. Adapun pemegang saham terbesar klub tersebut adalah Yoyok Sukawi, politisi sekaligus pengusaha asal Kota Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper