Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rebalancing Indeks LQ45 Semakin Dekat, GGRM Bisa Masuk?

Analis melihat saham Gudang Garam (GGRM) memiliki peluang untuk masuk ke Indeks LQ45 untuk periode rebalancing dalam waktu dekat ini.
Gedung PT. Gudang Garam/gudanggaramtbk.com
Gedung PT. Gudang Garam/gudanggaramtbk.com

Bisnis.com, JAKARTA - Periode rebalancing Indeks LQ45 akan semakin dekat untuk paruh kedua tahun ini. Beberapa nama perusahaan dilihat dapat menghuni indeks ini, salah satunya perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk. (GGRM).

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji Gusta berpendapat saham Gudang Garam atau GGRM dapat masuk menjadi penghuni Indeks LQ45 pada rebalancing kali ini. Menurutnya, sentimen dari saham GGRM ini akan datang dari kinerja bottom line yang membaik. 

"Pandangan pribadi saya, GGRM seharusnya bisa masuk ke Indeks LQ45, apalagi PE-nya menarik yaitu 7 kali dan secara kinerja menghasilkan bottom line," kata Nafan kepada Bisnis, Selasa (11/7/2023). 

Kemudian, lanjutnya, ekonomi domestik yang membaik dan daya beli konsumsi domestik relatif terjaga dapat memberikan katalis positif bagi GGRM. 

Dia melanjutkan, LQ45 untuk semester II/2023 menurutnya masih memiliki tren bullish consolidation. Dia menilai pergerakan LQ45 masih relatif defensif, ketika ketidakpastian global masih terjadi saat ini. 

Adapun berdasarkan data statistik Bursa Efek Indonesia (BEI) per 10 Juli 2023, Indeks LQ45 tercatat masih mengungguli kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara year to date (YTD). Indeks LQ45 masih tumbuh 1,28 persen secara YTD, ketika IHSG bergerak melemah 1,75 persen YTD. 

Sebelumnya, Mirae Asset Sekuritas menargetkan IHSG akan mencapai level 7.600 hingga akhir tahun ini. Target terbaru Mirae Sekuritas untuk IHSG ini lebih rendah 1 persen dari target sebelumnya sebesar 7.700. 

Mirae Sekuritas menurunkan target untuk IHSG karena kemungkinan penurunan harga komoditas yang berkepanjangan. Riset Mirae Sekuritas yang ditulis Robertus Yanuar Hardy menyebutkan pihaknya telah memperhatikan beberapa saham LQ45 yang mengalami kenaikan paling signifikan, seperti EMTK dan SCMA terkait dengan peningkatan pengeluaran iklan FMCG. 

Secara keseluruhan, peningkatan LQ45 sepanjang bulan Juni 2023 lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya, sebesar 0,4 persen, dibandingkan dengan 0,6 persen pada Mei 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper