Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi Jadi Komut GOTO Gantikan Garibaldi Thohir, Agus Martowardojo Optimis Capai Profitabilitas

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) resmi mengangkat Agus D. W. Martowardojo sebagai Komisaris Utama menggantikan Garibaldi Thohir. Agus Optimis GOTO profit.
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) resmi mengangkat Agus D. W. Martowardojo sebagai Komisaris Utama menggantikan Garibaldi Thohir. Agus Optimis GOTO capai profitabilitas akhir 2023 . Bisnis/Himawan L Nugraha
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) resmi mengangkat Agus D. W. Martowardojo sebagai Komisaris Utama menggantikan Garibaldi Thohir. Agus Optimis GOTO capai profitabilitas akhir 2023 . Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) resmi mengangkat Agus D. W. Martowardojo sebagai Komisaris Utama menggantikan Garibaldi Thohir dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan hari ini, Jumat (30/6/2023).

Manajemen GOTO dalam keterangan resminya mengatakan telah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham terhadap seluruh agenda RUPST dan RUPSLB yang diajukan. Di antara persetujuan yang telah didapatkan, GOTO mengumumkan jajaran kepemimpinan yang lebih kuat untuk meningkatkan tata kelola GOTO, serta menjalankan operasional bisnis yang lebih efisien dan cepat untuk mendorong bisnis dalam percepatan langkahnya menuju profitabilitas.

Sekretaris Perusahaan GoTo Koesoemohadiani mengatakan pihaknya sangat bersyukur dengan terselenggaranya RUPST dan RUPSLB ini. GOTO berterima kasih atas dukungan dan persetujuan pemegang saham terhadap seluruh agenda yang diajukan.

"GoTo akan terus berkembang dengan memperhatikan sepenuhnya kebutuhan para pemegang saham dan seluruh pemangku kepentingan di dalam ekosistem kami. Kami berkomitmen untuk terus menjadi penyedia on-demand services, e-commerce, dan financial technology terkemuka di Indonesia," kata Sekretaris Perusahaan GoTo Koesoemohadiani dalam keterangan resmi, Jumat (30/6/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Agus D. W. Martowardojo, Komisaris Utama GoTo yang baru dalam pidatonya menjelaskan atas nama Dewan Komisaris, dirinya mengungkapkan rasa terima kasih kepada Andre Soelistyo atas dedikasinya yang luar biasa dalam mengembangkan GoTo menjadi ekosistem digital terbesar Indonesia hingga saat ini.

"Kontribusi beliau dalam perjalanan panjang di Gojek dan GoTo sangat luar biasa, dan kami sangat menghargai upayanya yang gigih dalam memimpin serta membentuk kesuksesan GOTO ini," tutur Agus.

Agus juga mengucapkan selamat mengemban tugas baru kepada Patrick walujo sebagai Direktur Utama. Menurutnya, keterlibatan Patrick dengan ekosistem GoTo dimulai bahkan sejak awal pendirian Gojek, dan Patrick secara aktif turut berperan dalam pengembangan lanskap teknologi digital Indonesia.

"Saya berharap dalam tugas barunya ini Patrick akan berkontribusi besar dalam mendorong kemajuan bagi GOTO," ujarnya.

Sebelumnya, Agus Martowardojo menyampaikan optimistis GOTO dapat mencapai profitabilitas akhir 2023. GOTO, kata Agus akan fokus pada pencapaian profitabilitas dan tetap tumbuh, tetapi dengan pertumbuhan yang berkualitas.

"Ada diskusi yang dalam dari direksi. Apa yang disampaikan tentang margin kontribusi dan EBITDA itu sesuatu yang realistis," kata Agus di Jakarta, Rabu (29/3/2023).

Agus melanjutkan, gross revenue GOTO tahun lalu tumbuh 35 persen dan tahun 2023 upaya monetisasi pendapatan akan dilakukan. Bersamaan dengan upaya tersebut, pengendalian biaya, dan pengembangan fitur yang inovatif akan dilakukan.

Dia melanjutkan, dalam hal pengendalian biaya, fixed cost terbesar adalah biaya pegawai. Biaya pegawai di GOTO menurutnya akan dioptimalkan. 

Namun, Agus mengingatkan GOTO merupakan perusahaan hasil merger Gojek dengan Tokopedia. Menurutnya, ada begitu banyak pekerjaan duplikasi, khususnya di level head office.

"Ini banyak sekali. Ini perlu diyakinkan kita efisien. Karena kami percaya platform GOTO harus efisien," ucapnya.

Dalam hal efisiensi, menurutnya GOTO harus terus melakukan hal tersebut dari waktu ke waktu. Namun, kata dia, manajemen GOTO memahami andalan utama yang membuat GOTO maju adalah sumber daya manusianya.

"Jadi mereka akan memberi perhatian supaya SDM ini memiliki motivasi yang tinggi dan bisa bekerja produktif. Tapi untuk memastikannya, untuk organisasi yang baru merger di 2021, harus terus dilakukan kajiannya," tuturnya.

Berikut Susunan Komisaris dan Direksi GOTO yang Baru:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Agus D. W. Martowardojo

Komisaris: William Tanuwijaya

Komisaris: Andre Soelistyo

Komisaris: Garibaldi Thohir

Komisaris: Winato Kartono

Komisaris: Wishnutama Kusubandio

Komisaris Independen: Dirk Van den Berghe

Komisaris Independen: Marjorie Lao

Komisaris Independen: Robert Holmes Swan 

Direksi

Direktur Utama: Sugito Walujo

Wakil Direktur Utama: Thomas Kristian Husted

Direktur: Wei-Jye Jacky Lo

Direktur: Catherine Hindra Sutjahyo

Direktur: Hans Patuwo

Direktur: Melissa Siska Juminto

Direktur: Nila Marita

Direktur: Pablo Malay

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper