Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tok! GOTO Resmi Angkat Patrick Walujo Jadi Direktur Utama

GOTO resmi mengangkat Patrick Walujo sebagai Direktur Utama menggantikan Andre Soelistyo yang menjadi Komisaris GOTO.
Patrick Walujo/GOTO.
Patrick Walujo/GOTO.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) resmi mengangkat Patrick Sugito Walujo sebagai Direktur Utama dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan hari ini, Jumat (30/6/2023).

Manajemen GOTO dalam keterangan resminya mengatakan telah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham terhadap seluruh agenda RUPST dan RUPSLB yang diajukan. Di antara persetujuan yang telah didapatkan, GOTO mengumumkan jajaran kepemimpinan yang lebih kuat untuk meningkatkan tata kelola GOTO, serta menjalankan operasional bisnis yang lebih efisien dan cepat untuk mendorong bisnis dalam percepatan langkahnya menuju profitabilitas.

Sekretaris Perusahaan GoTo Koesoemohadiani mengatakan pihaknya sangat bersyukur dengan terselenggaranya RUPST dan RUPSLB ini. GOTO berterima kasih atas dukungan dan persetujuan pemegang saham terhadap seluruh agenda yang diajukan.

"GoTo akan terus berkembang dengan memperhatikan sepenuhnya kebutuhan para pemegang saham dan seluruh pemangku kepentingan di dalam ekosistem kami. Kami berkomitmen untuk terus menjadi penyedia on-demand services, e-commerce, dan financial technology terkemuka di Indonesia," kata Koesoemohadiani dalam keterangan resmi, Jumat (30/6/2023).

Dia melanjutkan, seluruh agenda RUPST dan RUPSLB yang memerlukan persetujuan pemegang saham telah disetujui, termasuk Laporan Tahunan Perseroan tahun 2022, dan pengesahan Laporan Keuangan Konsolidasian GOTO dan entitas anak untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2022. Pemegang saham juga telah menyetujui mata acara RUPSLB, yaitu penambahan anggota Direksi Perseroan yang dapat menjadi pemegang saham Seri B.

Sehubungan dengan pengawasan dan pengurusan GOTO, RUPST juga telah memutuskan beberapa perubahan dalam susunan dewan komisaris dan direksi GOTO.

Perubahan pertama yakni menerima pengunduran diri Andre Soelistyo dari jabatannya sebagai Direktur Utama GOTO dan kemudian menunjuk Bapak Andre Soelistyo untuk menjabat sebagai Komisaris GOTO. Hal ini berlaku, terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar GOTO.

Kedua, menerima pengalihan tugas dan wewenang Garibaldi Thohir yang semula sebagai Komisaris Utama GOTO menjadi Komisaris GOTO, berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan.

Lalu ketiga, menerima pengalihan tugas dan wewenang Agus D. W. Martowardojo yang semula sebagai Komisaris GOTO menjadi Komisaris Utama GOTO, berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan.

Keempat, menerima pengunduran diri Patrick Sugito Walujo selaku Komisaris GOTO dan kemudian mengangkat Patrick Sugito Walujo sebagai Direktur Utama GOTO berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar GOTO.

Terakhir, mengangkat Thomas Kristian Husted selaku Wakil Direktur Utama GOTO, berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar GOTO.

Komisaris GoTo Andre Soelistyo menuturkan hari ini menandakan awal babak baru bagi GoTo. Dirinya percaya di bawah kepemimpinan Patrick Walujo selaku Direktur Utama serta bimbingan dari Agus D.W Martowardojo selaku Komisaris Utama, GOTO berada dalam posisi yang kuat untuk terus tumbuh dan membawa manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan.

"Saya beserta anggota Dewan Komisaris lainnya akan terus mengawal, memberikan masukan, serta arahan kepada manajemen GoTo,” ucap Andre.

Agus D. W. Martowardojo, Komisaris Utama GoTo menjelaskan atas nama Dewan Komisaris, dirinya mengungkapkan rasa terima kasih kepada Andre Soelistyo atas dedikasinya yang luar biasa dalam mengembangkan GoTo menjadi ekosistem digital terbesar Indonesia hingga saat ini.

"Kontribusi beliau dalam perjalanan panjang di Gojek dan GoTo sangat luar biasa, dan kami sangat menghargai upayanya yang gigih dalam memimpin serta membentuk kesuksesan GOTO ini," tutur Agus.

Agus juga mengucapkan selamat mengemban tugas baru kepada Patrick sebagai Direktur Utama. Menurutnya, keterlibatan Patrick dengan ekosistem GoTo dimulai bahkan sejak awal pendirian Gojek, dan Patrick secara aktif turut berperan dalam pengembangan lanskap teknologi digital Indonesia.

"Saya berharap dalam tugas barunya ini Patrick akan berkontribusi besar dalam mendorong kemajuan bagi GOTO," ujarnya.

Direktur Utama GoTo Patrick Sugito Walujo menuturkan sebuah kehormatan bagi dirinya mengemban kepercayaan dari para pemegang saham untuk menjabat sebagai Direktur Utama GOTO, di tengah perjalanan GOTO mencapai profitabilitas dan pertumbuhannya untuk jangka panjang.

"Bersama jajaran Direksi dan dengan bimbingan dari Dewan Komisaris, GoTo akan memperkuat sinergi ekosistem untuk mendorong kemajuan bagi Indonesia serta Asia Tenggara,” ucap Patrick.

Patrick juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Andre, yang telah memimpin GOTO untuk mencapai berbagai milestone dengan dedikasi dan kerja keras. Komitmen dan visi Andre menurutnya merupakan inspirasi bagi seluruh karyawan GoTo, dan Patrick percaya Andre akan terus berkontribusi besar bagi GOTO dalam peran barunya sebagai Komisaris GOTO.

Dengan perubahan tersebut, maka terhitung sejak ditutupnya RUPST 2023, susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan menjadi sebagai berikut.

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Agus D. W. Martowardojo

Komisaris: William Tanuwijaya

Komisaris: Andre Soelistyo

Komisaris: Garibaldi Thohir

Komisaris: Winato Kartono

Komisaris: Wishnutama Kusubandio

Komisaris Independen: Dirk Van den Berghe

Komisaris Independen: Marjorie Lao

Komisaris Independen: Robert Holmes Swan 

Direksi

Direktur Utama: Sugito Walujo

Wakil Direktur Utama: Thomas Kristian Husted

Direktur: Wei-Jye Jacky Lo

Direktur: Catherine Hindra Sutjahyo

Direktur: Hans Patuwo

Direktur: Melissa Siska Juminto

Direktur: Nila Marita

Direktur: Pablo Malay

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper