Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Target Pendapatan Berulang Metland (MTLA) Stagnan Meski Jokowi Umumkan Endemi

PT Metropolitan Land Tbk. (MTLA) atau Metland tidak merubah target pendapatan berulang sebesar Rp516 miliar meski Indonesia masuk fase endemi.
Metland Transyogi, salah satu proyek besutan PT Metropolitan Land Tbk./metlandtransyogi.com
Metland Transyogi, salah satu proyek besutan PT Metropolitan Land Tbk./metlandtransyogi.com

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten properti PT Metropolitan Land Tbk. (MTLA) atau Metland tidak merubah target recurring revenue atau pendapatan berulang  Rp516 miliar, meski Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencabut status pandemi Covid-19 dan mulai memasuki endemi di Indonesia.

Direktur Metland Olivia Surodjo mengatakan alasan pihaknya tidak mengubah target meski sudah memasuki fase endemi adalah recurring revenue dinilai sudah cukup tinggi memasuki 2023.

“Tidak perubahan target recurring revenue untuk tahun 2023, karena sudah naik cukup tinggi sekitar 26 persen dari tahun sebelumnya. Target recurring revenue Metland sebesar Rp516 miliar untuk 2023,” ujar Olivia kepada Bisnis, Senin (26/6/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan sekitar 66 persen dari target recurring Rp516 miliar tersebut akan berasal dari pusat perbelanjaan atau mall, sedangkan sisa 34 persen akan berasal dari segmen hotel dan pusat rekreasi.

Adapun rata-rata okupansi unit hotel Metland saat ini sudah mencapai 65 persen. Sementara itu, Metland memasang target okupansi hotel mencapai rata-rata 75 persen hingga akhir 2023.

Kemudian rata-rata okupansi pada segmen pusat perbelanjaan sudah mencapai 90 persen dengan okupansi tertinggi pada Metropolitan Mall Bekasi, yakni sekitar 96 persen.

Dia pun berharap kondisi perekonomian akan terus bergerak ke arah yang lebih solid disertai peningkatan daya beli dan kunjungan ke pusat perbelanjaan. Hal ini disebut mencerminkan dampak menggeliatnya perekonomian termasuk dalam hal membeli hunian sebagai tempat tinggal ataupun investasi. 

“Sebagai bentuk optimisme, Metland akan meluncurkan produk terbaru dan klaster-klaster baru di beberapa proyek,” tuturnya.

Sebelumnya, Olivia mengatakan recurring revenue Metland mencapai Rp160 miliar per April 2023. Rasio okupansi segmen mal yang berada di atas 90 persen disebut tidak membuat potensi recurring revenue kian meningkat.

Namun, Metland berencana untuk melakukan perluasan area sewa di Grand Metropolitan dan Metropolitan Mall Cileungsi. Tambahan recurring income dari dua proyek tersebut nantinya baru dapat dirasakan pada 2024.

Dari segmen hotel, dia menyebut proyek Hotel Horison Ume Suites & Villa Ubud di Bali telah melakukan “trial operation” dan diperkirakan bisa menjadi tambahan recurring revenue Metland.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper