Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Rights Issue Alfamidi (MIDI) Rp1,2 Triliun, Alfamart Cari Pemodal Baru

Emiten pengelola jaringan Alfamidi PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI) akan melepas saham untuk tambahan modal melalui rights issue.
Emiten pengelola jaringan Alfamidi PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI) akan melepas saham untuk tambahan modal melalui rights issue.
Emiten pengelola jaringan Alfamidi PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI) akan melepas saham untuk tambahan modal melalui rights issue.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten pengelola jaringan Alfamidi PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI) akan menggelar aksi korporasi penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue pada Juli 2023.

MIDI megincar dana sebesar Rp1,24 triliun dari aksi rights issue. Broker milik Grup Djarum PT BCA Sekuritas akan menjadi pembeli siaga dalam penggalangan dana ini. 

MIDI berencana untuk melakukan HMETD kepada para pemegang saham sebanyak-banyaknya 4.611.764.800 lembar saham baru atau 13,79 persen dari modal dan disetor penuh. Saham baru ini memiliki nilai nominal sebesar Rp10 per saham.

Dalam prospektus terkini yang dipublikasi MIDI pada 23 Juni 2023, harga pelaksanaan penerbitan saham baru ini ditetapkan di Rp270 per saham. Dengan demikian, total dana yang berpotensi dihimpun MIDI dari rights issue mencapai Rp1,24 triliun (1.245.176.496.000).

Manajemen menjelaskan setiap pemegang 625 saham lama yang namanya tercatat saat recording date 7 Juli 2023 berhak atas 100 HMETD. Setiap 1 HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru yang dibayar penuh saat pemesanan.

Jadwal pelaksanaan rights issue MIDI

Tanggal Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) : 17 Februari 2023

Tanggal Efektif Pernyataan Pendaftaran : 22 Juni 2023

Tanggal Akhir Perdagangan Saham dengan HMETD (Cum-Right)

    Pasar Reguler dan Negosiasi : 5 Juli 2023

    Pasar Tunai : 7 Juli 2023

    Tanggal Mulai Perdagangan Saham tanpa HMETD (Ex-Right)

    Pasar Reguler dan Negosiasi : 6 Juli 2023

    Pasar Tunai : 10 Juli 2023

    Tanggal Terakhir Pencatatan Pemegang Saham (Recording Date) yang berhak atas HMETD : 7 Juli 2023

    Tanggal Distribusi Bukti HMETD : 10 Juli 2023

    Tanggal Pencatatan HMETD di Bursa Efek Indonesia : 11 Juli 2023

    Periode Perdagangan HMETD : 11–17 Juli 2023

    Periode Pendaftaran, Pemesanan, Pelaksanaan dan Pembayaran HMETD : 11–17 Juli 2023

    Periode Penyerahan Saham Hasil Pelaksanaan HMETD : 13–20 Juli 2023

    Tanggal Akhir Pembayaran Pemesanan Saham Tambahan : 20 Juli 2023

    Tanggal Pengembalian Uang Pesanan Saham Tambahan : 25 Juli 2023

    Induk MIDI sekaligus pengelola Alfamart, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT) yang merupakan pemegang saham utama MIDI telah menyatakan tidak akan melaksanakan seluruh rights issue. 

    Saat ini, AMRT mengempit 25,77 miliar saham atau 89,43 persen dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor penuh. Meski demikian, AMRT akan mengalihkan hak yang dimilikinya kepada PT BCA Sekuritas selaku agen penjual.

    “[Pengalihan hak]untuk kemudian ditawarkan kepada investor untuk dilaksanakan guna meningkatkan kepemilikan publik dan memenuhi ketentuan minimum proporsi saham publik,” tulis manajemen MIDI dalam prospektus.

    Jika saham baru yang ditawarkan dalam rights issue ini tidak seluruhnya diambil oleh pemegang saham lama, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya secara proporsional.

    Dalam skenario alokasi tersebut masih menyisakan saham yang ditawarkan, PT BCA Sekuritas selaku standby buyer sepakat untuk mengambil bagian sisa saham yang tidak diambil oleh investor sebanyak-banyaknya 1,61 miliar dari sisa saham dengan harga Rp270. Dengan demikian, nilai maksimal keseluruhan rights issue yang bisa diambil alih BCA Sekuritas adalah Rp435,81 miliar.

    Penetapan BCA Sekuritas sebagai pembeli siaga tercantum dalam Akta Perjanjian Pembelian Sisa Saham Dalam Rangka Penawaran Umum Terbatas Untuk Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu PT Midi Utama Indonesia Tbk No. 26, tanggal 17 April 2023, yang dibuat di hadapan Sriwi Bawana Nawaksari, S.H., M.Kn., Notaris di Kabupaten Tangerang.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

    Editor : Hafiyyan
    Konten Premium

    Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

    Artikel Terkait

    Berita Lainnya

    Berita Terbaru

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    # Hot Topic

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Rekomendasi Kami

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Foto

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper