Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Sambut Perombakan Petinggi GOTO, Saham Melesat Dorong IHSG

Penunjukkan Patrick Walujo sebagai calon CEO GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) disambut investor dengan saham GOTO yang naik 7,76 persen jelang penutupan perdagangan.
Pendiri Northstar Patrick Walujo. Penunjukkan Patrick Walujo sebagai calon CEO GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) disambut investor dengan saham GOTO yang naik 7,76 persen jelang penutupan perdagangan. /www.nsgroup.com/
Pendiri Northstar Patrick Walujo. Penunjukkan Patrick Walujo sebagai calon CEO GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) disambut investor dengan saham GOTO yang naik 7,76 persen jelang penutupan perdagangan. /www.nsgroup.com/

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mengumumkan menunjuk Patrick Sugito Walujo sebagai Chief Executive Officer (CEO) baru, menggantikan Andre Soelistyo. Pergantian CEO ini disambut oleh investor di pasar modal dengan saham GOTO yang naik menjadi salah satu top gainers.

Pada penutupan perdagangan Kamis (8/6/2023), saham GOTO ditutup naik 7,76 persen atau naik 9 poin ke level Rp125 per saham. Saham GOTO sepanjang hari diperdagangkan pada rentang Rp113-Rp125 per saham.

Akan tetapi, menjelang penutupan, saham GOTO melompat naik hingga 7,76 persen menyusul kabar pergantian CEO GOTO dari Andre Soelistyo menjadi Patrick Walujo.

Saham GOTO turut mendorong laju indeks harga saham gabungan (IHSG). Hari ini, IHSG ditutup 0,7 persen atau 46,57 poin menjadi 6.666,33, melesat pada akhir perdagangan.

Andre Soelistyo sendiri akan menggantikan posisi Patrick Walujo sebagai Komisaris dan Deputi Chairman GOTO yang baru. Rencana penggantian direksi tersebut diumumkan sore ini, Kamis (8/6/2023), sebagai agenda Rapat Umum Pemegang Saham Tahuan dan Luar Biasa (RUPST dan RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 30 Juni mendatang. 

Patrick bukan merupakan orang baru di bidang teknologi. Patrick merupakan Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group, yang didirikan pada tahun 2003 dan kini telah menjadi salah satu perusahaan investasi terkemuka Indonesia. 

Patrick mengawali karirnya di Goldman Sachs London dan New York, dan merupakan mantan Senior Vice President di Pacific Century Ventures, Tokyo.

Patrick merupakan lulusan Cornell University, di New York. Sebelumnya, Patrick menempuh pendidikan sekolah menengah atas di Kolese Kanisius, Jakarta. 

Sebagai salah satu investor awal Gojek, Patrick mencermati seluruh lini bisnis Gojek yang lama memang belum mendatangkan keuntungan. Namun, lanjut dia, kesempatan besar bagi Gojek datang dari GOTO Financial. 

“Kritik kami selalu pada eksekusi GOTO Financial yang lambat. Kami mempelajari use case dari jasa finansial di bisnis ride hailing sebenarnya sangat kecil sekali dibandingkan di e-commerce,” ucap dia.

Menurutnya, investor merasa beruntung Gojek melakukan merger dengan Tokopedia, karena dengan hal ini GOTO Financial dapat dikembangkan potensinya. Namun, Patrick mengingatkan hal tersebut membutuhkan waktu.

Sebagai informasi, GOTO pada Kamis (8/6/2023) mengumumkan agenda Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST dan RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 30 Juni 2023. GOTO mengusulkan 9 agenda RUPST dan 2 agenda RUPSLB, salah satunya terkait perubahan dewan direksi dan komisaris.

Terkait perubahan pengurus, perseroan menominasikan Patrick Sugito Walujo sebagai direktur utama/CEO menggantikan pejabat sebelumnya, Andre Soelistyo. Pergantian ini akan efektif setelah mendapatkan restu pemegang saham.

Patrick juga akan didukung veteran Gojek, Thomas Husted, yang dinominasikan sebagai Wakil Direktur Utama, yang nantinya akan mengemban tugas sebagai Chief Operating Officer.

Sementara itu, Andre Soelistyo akan mengisi dewan komisaris, bertukar posisi dengan Patrick. Manajemen GOTO juga mengusulkan Agus Martowardojo menjadi komisaris utama menggantikan Garibaldi Thohir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper