Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Patrick Walujo, CEO Baru GOTO Gantikan Andre Soelistyo

Patrick Walujo merupakan investor perdana saat Gojek didirikan oleh Nadiem Makarim.
Patrick Walujo/GOTO.
Patrick Walujo/GOTO.

Bisnis.com, JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menominasikan Patrick Sugito Walujo sebagai direktur utama/CEO menggantikan pejabat sebelumnya, Andre Soelistyo. 

Andre Soelistyo akan menggantikan posisi Patrick Walujo sebagai Komisaris dan Deputi Chairman GOTO yang baru. Penggantian direksi tersebut diumumkan hari ini, Kamis (8/6/2023), sebagai agenda Rapat Umum Pemegang Saham Tahuan dan Luar Biasa (RUPST dan RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 30 Juni mendatang.

Patrick adalah Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group, yang didirikan pada tahun 2003 dan kini telah menjadi salah satu perusahaan investasi terkemuka Indonesia. Patrick pun merupakan salah satu investor saat awal-awal Gojek didirikan oleh Nadiem Makarim.

Patrick mengawali karirnya di Goldman Sachs London sebagai investment banker associate di Goldman Sachs, salah satu bank investasi terbesar di Amerika Serikat pada 1997-2000.

Pada 2009, Patrick sempat menerima pengarhaan bergengsi Ernst & Young sebagai Entrepreneur of the Year. Dia adalah anggota Dewan Penasihat Internasional Dewan Hubungan Luar Negeri.

Patrick merupakan lulusan Cornell University jurusan teknik industri pada tahun 1997. Patrick memiliki seorang istri bernama Ayu Patricia Rachmat, anak dari konglomerat Theodore Permadi (TP) Rachmat. TP Rachmat, pendiri grup Triputra.

Patrick sempat mengkritik manajemen GOTO mengenai ekspansi bisnis yang lamban pada tahun lalu, khususnya pada GOTO Financial.

“Kritik kami selalu pada eksekusi GOTO Financial yang lambat. Kami mempelajari use case dari jasa finansial di bisnis ride hailing sebenarnya sangat kecil sekali dibandingkan di e-commerce,” ucap dia.

Menurutnya, investor merasa beruntung Gojek melakukan merger dengan Tokopedia, karena dengan hal ini GOTO Financial dapat dikembangkan potensinya. Namun, Patrick mengingatkan hal tersebut membutuhkan waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper