Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Pertama ARB 15 Persen Bikin Transaksi Harian Tembus Rp15 Triliun

Adapun transaksi yang cukup besar hari ini selain karena muncul sentimen positif yang membuat investor lebih nyaman untuk bertransaksi.
Bursa Efek Indnesia (IDX)./ Dimas Ardian -Bloomberg
Bursa Efek Indnesia (IDX)./ Dimas Ardian -Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Transaksi harian pada hari pertama penetapan persentase Auto Rejection Bawah (ARB) 15 persen di perdagangan bursa hari ini ditutup menyentuh angka Rp15,05 triliun, Senin (5/6/2023). 

Head of Investment Information Mirae Asset Sekuritas Roger MM mengatakan penetapan ARB 15 persen seharusnya dapat membuat pasar lebih atraktif dibandingkan hari ini. Hal itu terkait dengan spekulasi investor melakukan pembelian ketika harga saham turun lebih dari 10 persen. 

“Karena gap lebih lebar sehingga peluang trading menjadi lebih menarik,” katanya saat dihubungi Bisnis, Senin (5/6/2023). 

Roger bilang walaupun terjadi perubahan strategi untuk beradaptasi dengan perubahan ARB namun minat investor bisa menjadi lebih tinggi pada saham saham yang sedang terdiskon. 

Adapun transaksi yang cukup besar hari ini selain karena muncul sentimen positif yang membuat investor lebih nyaman untuk bertransaksi karena sentimen global yang di khawatirkan terkait default hutang US sudah berlalu. 

Pada penutupan perdagangan hari ini, transaksi pasar tercatat sebesar Rp15,05 triliun. Sebanyak 23,86 miliar saham diperdagangkan dengan 1,33 juta kali transaksi. Indeks komposit sendiri ditutup menguat tipis sebesar 0,17 poin ke posisi 6.633,43. 

Sepanjang perdagangan, IHSG bergerak di rentang 6.609,91 hingga 6.663,71. Sebanyak 305 saham menguat, 237 saham melemah dan 209 saham jalan di tempat. Kapitalisasi pasar juga tercatat sebesar Rp9.410,07 triliun. 

Sementara itu saham-saham yang terjerembap turun menyentuh batas bawah ialah saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) turun 14,97 persen, saham PT Saptausaha Gemilangindah Tbk. (SAGE) turun 14,88 persen, saham PT Data Sinegitama Jaya Tbk. (ELIT) melemah 14,86 persen, saham PT Haloi Jane Tbk. (HALO) turun 14,72 persen serta saham PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk. (SMKL) yang turun 14,72 persen. 

Seperti yang diketahui bahwa hari ini merupakan hari pertama penetapan kebijakan ARB15 persen sebagai tahap I normalisasi. Bursa Efek Indonesia (BEI) akan memberlakukan normalisasi dalam II tahap yang nantinya akan kembali normal atau ARB dan ARA simetris pada September. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper