Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Boy Thohir (PALM) Tambah Lagi Saham Mega Manunggal (MMLP)

Penambahan saham ini merupakan konsekuensi atas proses penawaran tender sukarela (tender offer) saham MMLP yang digelar entitas usaha PALM.
Komisaris Utama GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) Garibaldi Boy Thohir ditemui di Jakarta, Kamis (26/1/2023). Bisnis/Annisa Kurniasari Saumi.
Komisaris Utama GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) Garibaldi Boy Thohir ditemui di Jakarta, Kamis (26/1/2023). Bisnis/Annisa Kurniasari Saumi.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Provident Investama Bersama Tbk. (PALM) milik Garibaldi ‘Boy’ Thohir menambah kepemilikan sahamnya pada emiten penyedia jasa pergudangan PT Mega Manunggal Property Tbk. (MMLP) menjadi 21,93 persen saham, dari sebelumnya 18,18 persen saham.

Transaksi penambahan ini merupakan konsekuensi atas proses penawaran tender sukarela (tender offer) saham MMLP yang digelar entitas usaha PALM, yakni Provident Warehouse Pte Ltd.

Sekretaris Perusahaan PALM Lim Na Lie mengatakan perusahaan melalui PT Suwarna Arta Mandiri membeli saham PALM sebanyak 258.580.000 saham dengan harga Rp495 per saham. Alhasil nilai transaksi ini mencapai Rp127,99 miliar. Transaksi dilakukan pada 4 Mei 2023.

“Setelah transaksi kepemilikan saham Suwarna Arta Mandiri atas MMLP mencapai 1,51 miliar saham, dari sebelumnya 1,25 miliar saham,” kata Lim dalam keterangannya, Jumat (12/5/2023).

Adapun salah satu pihak yang menjual saham MMLP pada transaksi tender offer itu adalah Anderson Investment Pte. Ltd atau anak usaha Badan Usaha Milik Singapura Temasek Holdings.

Berdasarkan keterangan Temasek, Anderson Investments menjual 527.140.197 saham MMLP dengan harga Rp500 per saham pada 5 Mei 2023. Sebelum transaksi ini, Temasek melalui Anderson menggenggam sebanyak 945, 95 juta saham MMLP atau sebanyak 13,73 persen. Sesudah transaksi, kepemilikan secara tidak langsung Temasek terhadap MMLP menjadi sebanyak 418,81 juta saham atau sebesar 6,08 persen.

Seperti diketahui, Provident Warehouse Pte Ltd mengumumkan proses tender offer saham MMLP pada Februari 2023. Ketika itu, target saham yang ditender offer mencapai 861,14 juta dengan harga penawaran Rp500 per saham.

Harga penawaran tender sukarela tersebut sudah termasuk premium sebesar 6,3 persen dari harga tertinggi perdagangan harian dalam 90 hari sebelum pengumuman tender sukarela, yakni Rp470 per saham. Masa penawaran tender sukarela dimulai pada 4 April 2023 dan berakhir pada 3 Mei 2023, kemudian tanggal pembayaran saham dilakukan pada 15 Mei 2023.

Sebagai catatan, pengendali dan pemilik manfaat PWH adalah Gavin Arnold Caudle. Gavin juga merupakan pengendali dan pemilik manfaat dari Bridge Leed Limited yang memegang sebagian saham MMLP.

MMLP sebelumnya telah menyetujui pengunduran diri Loa Siong Lie sebagai Direktur melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 10 Januari 2023. Loa mengajukan pengunduran diri tak lama setelah MMLP mengumumkan rencana masuknya PALM.

Selain itu, RUPSLB juga menyetujui pengunduran diri Andreyanto Toemali sebagai Komisaris Utama. Posisi Andreyanto akan digantikan oleh Paulus Ridwan Purawinata.

Kehadiran Boy Thohir dalam jajaran pemegang saham terbesar PALM sempat menegaskan rumor masuknya MMLP ke dalam ekosistem PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) pada awal tahun. Adapun Boy merupakan investor sekaligus Komisaris Utama GOTO. Transaksi Boy Thohir di saham PALM terjadi pada 20 Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper