Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Solusi Sinergi (WIFI) Jalin Kerja Sama Rp14,74 Triliun Kembangkan 5G

PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) menandatangani kerjasama senilai US$1 miliar atau Rp14,74 triliun (kurs jisdor Rp14.746) dengan perusahaan China.
Transformasi digital. /Surge
Transformasi digital. /Surge

Bisnis.com, JAKARTA — PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) atau Surge menandatangani kerjasama senilai US$1 miliar atau Rp14,74 triliun (kurs jisdor Rp14.746) dengan perusahaan asal China, Fujian Taikuk Technology Investment Co.,Ltd. untuk mengembangkan layanan 5G.

CEO WIFI Hermansjah Haryono mengatakan adanya kerjasama dengan Fujian Taikuk Technology Investment dapat merealisasikan pembangunan infrastruktur Fixed Wireless Access (FWA) untuk 40 juta rumah tangga di Jawa.

“Kami juga sedang berdiskusi dengan para operator dalam mengoptimalkan potensi 5G FWA ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip Rabu (10/5/2023).

Investasi senilai US$1 miliar tersebut ditujukan untuk menyediakan layanan konektivitas yang terjangkau melalui bagi masyarakat Pulau Jawa. Potensi pendapatan atas proyek tersebut diperkirakan mencapai US$1,2 miliar atau setara Rp17,69 triliun per tahunnya.

Adapun layanan 5G ini juga dilakukan dengan membangun ultimate data backbone di Pulau jawa, serta memberikan proteksi tambahan bagi jaringan infrastruktur serat optik WIFI . Pengembangan 5G juga dilakukan dengan memanfaatkan infrastruktur serat optik WIFI sepanjang jalur kereta di Pulau Jawa.

Chairman of Fujian Taikuk Technology Investment Zheng Tianyi mengatakan pihaknya akan memanfaatkan keahlian dan jaringan untuk mengembangkan teknologi dan pembiayaan China. Hal ini dilakukan demi mendukung proyek jaringan komunikasi WIFI.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan pada acara China (Fujian)-Indonesia “Two Countries, Twin Parks” Economic and Trade Cooperation Promotion Conference di Ballroom Shangri-La Jakarta. 

Penandatanganan turut disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan dan Secretary of Fujian Provincial Committee Zhou Zuyi.

Sebagai informasi, WIFI mencatatkan peningkatan pada pendapatan sebesar 18 persen year-on-year (YoY), dari Rp390,9 miliar pada 2021 menjadi Rp461,2 miliar pada 2022. Mulai beroperasinya bisnis konektivitas secara utuh dan naiknya kontribusi kinerja periklanan pascapandemi menjadi kontributor kenaikan pendapatan.

Laba bersih WIFI mengalami pertumbuhan sebesar 136 persen YoY dari sebelumnya Rp24,8 miliar menjadi Rp58,4 miliar sebagaimana tertuang laporan keuangan per 31 Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper