Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MPX Logistics (MPXL) Resmi Melantai di Bursa, Sahamnya Terbang ARA

Saham MPXL mencatatkan peningkatan 34,26 persen pada debut perdagangan pagi ini.
Seremoni pencatatan perdana saham PT MPX Logistics International Tbk. (MPXL)/Bisnis-Rizqi Rajendra.
Seremoni pencatatan perdana saham PT MPX Logistics International Tbk. (MPXL)/Bisnis-Rizqi Rajendra.

Bisnis.com, JAKARTA - Saham PT MPX Logistics International Tbk. (MPXL) naik 34,26 persen atau menembus Auto Rejection Atas (ARA) usai resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (9/5/2023).

Berdasarkan data BEI, saham MPXL mencatatkan peningkatan 34,26 persen pada debut perdagangan pagi ini, atau 37 poin ke level Rp145 per saham. Harga penawaran saham perdana MPXL ditetapkan di Rp108 per saham.

Emiten yang bergerak di bidang jasa transportasi dan logistik itu menawarkan sebanyak-banyaknya 400 juta saham dengan nominal Rp25 per saham atau setara 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor.

Dengan dengan harga penawaran Rp108 per saham, maka MPX Logistics menghimpun dana IPO Rp43,2 miliar.

Frekuensi transaksi saham MPXL saat pembukaan perdagangan mencapai 700 kali dengan volume saham yang diperdagangkan mencapai 34.296 saham.

“Melalui IPO ini kami ingin selalu memberi dampak positif, kami ingin secara konsisten mendukung berjalannya infrastruktur nasional yang semakin agresif berkembang," kata Direktur Utama MPXL Wijaya Candera dalam keterangannya, Selasa (9/5/2023).

Selain menerbitkan saham baru, MPX Logistics juga menerbitkan Waran Seri 1 sebanyak-banyaknya berjumlah 80 juta. Setiap investor yang membeli lima saham baru MPX Logistics akan memperoleh satu Waran Seri 1. Harga pelaksanaan waran tersebut Rp368 per saham. Waran itu bisa ditukar menjadi saham biasa PT MPX Logistics International.

Saham MPXL juga telah ditetapkan sebagai efek syariah oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor: KEP-48/D.04/2023 tentang Penetapan Saham PT MPX Logistics International Tbk.

Dalam aksi korporasi ini Perseroan menunjuk PT Panin Sekuritas Tbk (PANS) sebagai perusahaan penjamin pelaksana emisi efek (Lead Underwriter).

Mengacu prospektus IPO, sekitar 12,76 persen dana hasil IPO akan digunakan untuk membayar uang muka pengadaan truk Hino sebanyak 10 unit dengan harga per unitnya Rp1,34 miliar. Total nilainya mencapai Rp13,49 miliar.

Selanjutnya, MPX Logistics berencana menggunakan sekitar Rp36,99 persen dana IPO untuk membeli dua bidang tanah dengan total luas 7.505 m2, ditambah bangunan kantor seluas 200 meter persegi dan gudang 192 meter persegi yang berdiri di atasnya. Harga aset properti tersebut senilai Rp14,6 miliar

Terakhir, sekitar 50,25 persen dana IPO dipakai untuk modal kerja, yaitu untuk pembelian material, biaya operasional, pemeliharaan kendaraan, pengurusan perizinan kendaraan, biaya kantor lainnya hingga pelunasan utang dagang.

Sebagai informasi, PT MPX Logistics International didirikan sejak tahun 2008 dan bergerak di bidang jasa transportasi dan logistik yang berlokasi di Bandar Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper