Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MPXL Raih Kredit Rp75 Miliar dari Bank Mandiri, Siap Tambah Tronton

MPXL meraih fasilitas kredit investasi senilai Rp75 miliar dari Bank Mandiri untuk menambah armada truk baru.
MPXL Raih Kredit Rp75 Miliar dari Bank Mandiri, Siap Tambah Tronton/ Istimewa
MPXL Raih Kredit Rp75 Miliar dari Bank Mandiri, Siap Tambah Tronton/ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten transportasi dan logistik PT MPX Logistics International Tbk. (MPXL) meraih fasilitas kredit investasi senilai Rp75 miliar dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Pinjaman ini akan digunakan untuk menambah unit truk tronton.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (28/6/2924), kredit tersebut merupakan hasil joint financing antara Bank Mandiri dan Mandiri Tunas Finance. 

Sekretaris Perusahaan MPXL James S. Chandra mengatakan fasilitas pembiayaan ini akan digunakan untuk membeli unit kendaraan truk tronton. Penambahan armada baru ini dinilai akan berkontribusi positif terhadap keuangan perseroan. 

“Pembelian unit kendaraan untuk disewakan kepada pelanggan, dan meningkatkan pendapatan sehingga kegiatan usaha perseroan berkembang,” ujarnya dalam surat kepada BEI. 

Direktur Utama MPXL Wijaya Candera mengatakan bahwa perseroan menargetkan pendapatan bersih sebesar Rp222 miliar sepanjang 2024. Target ini mencerminkan pertumbuhan sebesar 57% dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya. 

Dia memperkirakan segmen jasa angkutan infrastruktur juga bertumbuh pada semester II/2024 dikarenakan terserapnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), serta investasi swasta.

“Dari sisi armada, MPXL berkomitmen akan terus melakukan ekspansi dengan meningkatkan pembelian armada. Jumlah armada perseroan hingga akhir 2024 diproyeksikan bakal mencapai 150 unit,” ujar Wijaya. 

Dengan penambahan armada, perseroan turut menargetkan volume pengiriman sepanjang Januari – Desember 2024 dapat bertumbuh di atas 50% secara year-on-year (YoY). 

Sampai dengan kuartal I/2024, laba bersih MPXL melonjak 123,6% YoY menjadi Rp4,08 miliar. Adapun pendapatan mencapai Rp45,42 miliar, atau meningkat 60,24% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yakni Rp28,34 miliar. 

Perinciannya, pendapatan jasa angkut naik 149,21% YoY menjadi Rp24,8 miliar, sementara pertumbuhan penjualan material meningkat sebesar 12,1% secara tahunan menjadi Rp20,6 miliar atau dari posisi Rp18 miliar pada kuartal I/2023.

 ---------------------------

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper