Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Cat Avian (AVIA) Naik 8,6 Persen jadi Rp1,78 Triliun Kuartal I/2023

PT Avia Avian Tbk. (AVIA) mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih pada kuartal I/2023.
PT Avia Avian Tbk. (AVIA) mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih pada kuartal I/2023. / Istimewa.
PT Avia Avian Tbk. (AVIA) mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih pada kuartal I/2023. / Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten cat terafiliasi konglomerat Hermanto Tanoko, PT Avia Avian Tbk. (AVIA) mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih pada kuartal I/2023.

Berdasarkan laporan keuangan kuartal I/2023, AVIA membukukan pendapatan Rp1,78 triliun, naik 8,66 persen dibandingkan Rp1,63 triliun per kuartal I/2022. Laba bersih juga meningkat 8,12 persen menjadi Rp416,75 miliar dari sebelumnya Rp385,43 miliar.

Head of Investor Relation Avia Avian Andreas Timothy Hadikrisno menyampaikan segmen solusi arsitektur mengalami peningkatan penjualan sebesar 11,2 persen dari Rp1,3 triliun menjadi Rp1,5 triliun pada kuartal I/2023, khususnya ditopang oleh pertumbuhan double-digit pada kategori cat dinding.

Margin laba kotor tercatat sebesar 45,3 persen atau setara dengan Rp807 miliar. Margin laba kotor bertumbuh 4,5 persen pada kuartal I/2023 dibandingkan kuartal pertama tahun lalu, didukung oleh stabilisasi pada harga bahan baku.

Selain itu, margin Ebitda dan laba bersih masing-masing berada pada tingkat 29,1 persen atau setara dengan Rp519 miliar dan 23,4 persen atau setara dengan Rp417 miliar.

"Margin EBITDA mengalami peningkatan sebesar 1,2 persen, dibandingkan periode yang sama tahun lalu, didukung oleh peningkatan pada penjualan dan laba kotor, serta efisiensi biaya operasional. Sebagai info, berbeda dengan kuartal pertama tahun lalu, AVIA tidak melakukan kenaikan harga (price hikes) awal tahun ini," jelasnya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (5/5/2023).

Di tengah pergolakan perekonomian Indonesia yang dipengaruhi oleh tingginya tingkat inflasi, AVIA terus berupaya memperluas jaringan distribusinya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pada kuartal I/2023, AVIA menambah sebanyak 4 pusat distribusi milik sendiri, beserta 6 pusat distribusi mini.

Sampai dengan saat ini, jumlah seluruh pusat distribusi milik sendiri adalah di 113 lokasi, ditambah dengan distribusi pihak ketiga di 37 lokasi dan pusat distribusi mini di 10 lokasi.

Ekspansi pusat distribusi ini menunjukan komitmen AVIA dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan, khususnya dalam hal pengataran barang yang cepat dan tepat waktu. Pada kuartal I/2023, sebanyak lebih dari 49.900 pelanggan dari total lebih dari 56.000 toko bahan bangunan telah melakukan transaksi pembelian.

Jumlah pelanggan ini mengalami peningkatan sebanyak lebih dari 400 toko dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Perkembangan jumlah pelanggan merupakan salah satu metrik penting yang terus diamati oleh manajemen untuk mengukur tingkat penetrasi produk AVIA di pasar.

Selain ekspansi jaringan distribusi, AVIA juga terus melakukan inovasi untuk menciptakan produk berkualitas terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Sepanjang periode Januari-Maret 2023, AVIA telah meluncurkan beberapa inovasi produk baru, diantaranya adalah Boyo Politur Melamin pada kategori Perawatan Kayu dan Avian Zinc Chromate pada kategori Cat Kayu & Besi.

Selain itu, AVIA juga memperkenalkan produk baru pada kategori Cat Kapal, yakni Admiral Anti Fouling dan Admiral Thinner Serbaguna. Pada kategori Cat Dinding, Brilliant Eksterior dan Brilliant Interior diluncurkan di Februari. Beragam produk baru diluncurkan pada berbagai kategori dengan tujuan untuk memperkuat posisi AVIA sebagai pemimpin pasar.

Penjualan AVIA masih didominasi oleh produk solusi arsitektur yang berkontribusi sekitar 84 persen, sedangkan sisanya sebesar 16 persen berasal dari segmen barang dagangan, di antaranya pipa PVC, produk pendukung, perabotan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper