Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Dividen ABM Investama (ABMM) dan Avian (AVIA)

Dividen dari dua emiten, ABM Investama (ABMM) dan Avian (AVIA) menjadi topik populer Kanal Market Bisnis.com.
Proses pengapalan batu bara dari conveyor belt ke kapan tongkang./abm-investama.com
Proses pengapalan batu bara dari conveyor belt ke kapan tongkang./abm-investama.com

Bisnis.com, JAKARTA - Para pelaku pasar modal mencermati kabar pembagian dividen dari dua emiten.

Pertama, yaitu PT ABM Investama Tbk. (ABMM). Lo Kheng Hong bakal menjadi salah satu investor yang menikmati setoran dividen tersebut pada tahun ini.

Kedua adalah PT Avia Avian Tbk. (AVIA). Keluarga Tanoko akan panen lebih dari Rp500 miliar dari dividen AVIA. Tercatat, total dividen yang diraup keluarga ini akan mencapai Rp1,34 triliun sejak awal IPO.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com:

1. Lo Kheng Siap Menadah Dividen ABM Investama (ABMM) 2023

Lo Kheng Hong akan menjadi salah satu investor yang menikmati setoran dividen PT ABM Investama Tbk. (ABMM) pada 2023.

ABM Investama telah mengumumkan rencana penyelenggaraan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) tahun buku 2022. Agenda itu dijadwalkan berlangsung pada 10 Mei 2023.

Salah satu keputusan yang dinantikan oleh para pemegang saham ABMM termasuk Lo Kheng Hong yakni penggunaan laba bersih tahun buku 2022.

2. Lebaran Ceria Dinasti Tanoko Berkat Avian (AVIA)

Lagi-lagi keluarga besar Wijono dan Hermanto Tanoko bersiap menyambut Lebaran dengan senyum simpul. Penyebabnya pun masih sama seperti Lebaran yang lalu.

Pabrik cat Avian alias PT Avia Avian Tbk (AVIA), bisnis yang mereka warisi dari mendiang Soetikno Tanoko, bakal membagikan dividen final tunai dengan cumulative-date (cum-dividen) jatuh 28 April 2023, tepat sepekan setelah Idulfitri.

Saat ini, Avian dikendalikan oleh PT Tancorp Surya Sentosa (36,6 persen) dan PT Wahana Lancar Rejeki (32,49 persen).

3. Pergerakan Harga Emas Hari Ini Tersengat Ekspektasi The Fed

Harga emas global berpeluang turun pada perdagangan hari ini, Selasa (18/4/2023) di tengah fluktuasi dolar Amerika Serikat (AS).

Tim Riset Monex Investindo Futures menilai dolar AS hari ini memiliki prospek menguat di balik meningkatnya ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga acuan dari Bank Sentral AS Federal Reserve.

4. Baru IPO Emiten Papan Akselerasi Ini ARB dan Tidak Bagi Dividen sampai 2025

PT Menn Teknologi Indonesia Tbk. (MENN) belum berencana membagikan dividen usai melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO).

Selain itu, MENN mengawali perdagangan perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan terkoreksi 8,97 persen atau menuju auto rejection bawah (ARB).

Direktur Utama MENN Michael Halim Mulyanto mengatakan perseroan masih akan melihat situasi mengenai pembagian dividen. MENN masih akan melihat kinerja tahun buku 2024 sehingga kemungkinan dividen baru bisa dibagikan pada 2025.

5. United Tractors (UNTR) Raih Laba Bersih Rp5,3 Triliun Kuartal I/2023

Anak usaha PT Astra International Tbk. (ASII), PT United Tractors Tbk. (UNTR) membukukan peningkatan kinerja sepanjang kuartal I/2023.

Manajemen UNTR mengatakan sampai kuartal I/2023, pendapatan bersih konsolidasian UNTR mencapai Rp34,9 triliun atau meningkat sebesar 25 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 yang sebesar Rp27,9 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper