Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Jalan Tol Jusuf Hamka (CMNP) Bakal Rights Issue 2,23 Miliar Saham

Emiten jalan tol milik Jusuf Hamka Citra Marga Nushapala Persada (CMNP) akan rights issue dengan menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 2,23 miliar.
Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka - Youtube
Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pengelola jalan tol milik pengusaha Jusuf Hamka PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP) menerbitkan saham baru sebanyak 2,23 miliar saham dengan skema rights issue atau penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Berdasarkan keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Penawaran Umum Terbatas III (PUT III) sebanyak 2,23 miliar saham baru oleh CMNP tersebut memiliki nominal Rp500 per saham.

"Seluruh dana yang diperoleh dari PUT III, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, akan dipergunakan seluruhnya oleh perseroan untuk penambahan modal untuk rencana pengembangan usaha perseroan dan perusahaan anak," demikian tulis manajemen dikutip Rabu, (5/4/2023).

Dana akan digunakan untuk pinjaman modal kepada anak usaha untuk pengembangan Jalan Tol Ir. Wiyoto-Wiyono, Msc dan pembangunan Jalan Tol Depok-Antasari Seksi 3 sampai dengan Seksi 4.

Pemegang saham CMNP yang tidak menggunakan haknya untuk memesan saham baru yang ditawarkan sesuai HMETD tersebut maka akan terdilusi atas kepemilikan sahamnya sebesar maksimum 25 persen.

Sesuai dengan POJK No.14/2019, penawaran umum tersebut dapat dilakasanakan setelah perseroan memperoleh persetujuan dari para pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Adapun, CMNP menjadwalkan RUPSLB tanggal 10 Mei 2023 di Jakarta, dengan terlebih dahulu dilakukan pemanggilan pada tanggal 18 April 2023.

Pemegang saham yang berhak hadir dalam RUPSLB tersebut adalah pemegang saham yang tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan dan/atau pemegang sub rekening efek pada penutupan perdagangan saham di bursa efek tanggal 17 April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper