Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: 14 Perusahaan Jumbo Mau IPO dan Suntikan Rp200 M ke Pengelola Lawson

Rencana IPO sejumlah perusahaan berskala besar dan aksi penambahan modal anak usaha MIDI, pengelola Lawson, jadi berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com.
Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI). BEI menyampaikan 14 dari 29 perusahaan dalam daftar antrean IPO merupakan perusahaan beraset besar. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI). BEI menyampaikan 14 dari 29 perusahaan dalam daftar antrean IPO merupakan perusahaan beraset besar. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Sepanjang hari kemarin, para investor di pasar modal banyak mencermati berita mengenai rencana IPO sejumlah perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Selain itu, terdapat juga berita aksi korporasi PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI), yang memberikan suntikan ke anak usahanya Lancar Wiguna Sejahtera. Perusahaan ini merupakan pengelola jaringan ritel Lawson.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com:

1. Rombongan 14 Perusahaan Jumbo Mau IPO di BEI

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan 14 dari 29 perusahaan dalam daftar antrean penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) merupakan perusahaan beraset besar.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, hingga 10 Maret 2023, terdapat 29 perusahaan dalam pipeline pencatatan saham BEI.

"Dari 29 calon perusahaan tercatat tersebut, dua perusahaan aset sekala kecil, 13 perusahaan aset skala menengah, dan 14 perusahaan aset skala besar," kata Nyoman, Jumat (11/3/2022).

2. Harga Emas Antam Hari Ini, Minggu 12 Maret 2023, Termurah Rp574.500

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam perdagangan hari ini, Minggu (12/3/2023) terpantau tidak berubah alias stagnan dibanding kemarin, Sabtu (11/3/2023). Adapun cetakan termurah dihargai Rp574.500.

Berdasarkan informasi dari Unit Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga dasar emas 24 karat ukuran 1 gram dijual Rp1.049.000. Harga ini sama dibandingkan dengan kemarin Sabtu (11/3/2023).

3. Bos Alfamart Djoko Susanto Suntik Rp200 Miliar untuk Pengelola Lawson

Djoko Susanto, pemilik jaringan ritel Alfamart menambah suntikan modal untuk perusahaan pengelola Lawson, PT Lancar Wiguna Sejahtera.

Tambahan modal senilai Rp200,09 miliar diterima Lancar Wiguna Sejahtera lewat penambahan saham oleh sejumlah entitas terafiliasi Djoko Susanto.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Lancar Wiguna Sejahtera (LWS) yang merupakan anak usaha PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI) telah menerbitkan 207.142.856 saham baru dengan harga pelaksanaan Rp966 per lembar. Dengan demikian, transaksi mencapai Rp200,09 miliar dengan nilai nominal Rp100.

4. 5 Fakta Penting Bangkrutnya Silicon Valley Bank (SVB)

Pasar saham di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia kompak merosot pada perdagangan akhir pekan atau Jumat (10/3/2023) waktu setempat menyusul aksi jual tajam pada saham-saham perbankan di Wall Street akibat kejatuhan Silicon Valley Bank (SVB).

Kejatuhan SVB merembet ke saham induk usahanya SVB Financial Group yang tercatat di Nasdaq.

Otoritas Nasdaq menangguhkan perdagangan saham SVB pada pukul 08.35 pagi pada Jumat (10/3/2023) waktu setempat setelah saham perusahaan turun 49 persen dalam perdagangan premarket.

5. Parade RUPST Emiten Big Cap, Siapa Tebar Dividen Paling Jumbo?

Sejumlah emiten berkapitalisasi pasar besar akan menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) dalam beberapa waktu ke depan.

Beberapa emiten big cap yang akan menggelar RUPST di antaranya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN), Bank Central Asia Tbk. (BBCA), dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG) yang akan melaksanakan RUPS pada sisa Maret 2023 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper