Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Minyak Dunia Anjlok Terus, Sentimen Berubah Suram

Memengaruhi harga minyak, investor sekarang menunggu data terbaru dari laporan penggajian tenaga kerja AS pada Jumat waktu setempat.
Minyak WTI/Reuters
Minyak WTI/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Harga minyak mentah global berakhir melemah pada perdagangan Kamis (9/3/2023) waktu setempat, mencerminkan penutupan terendah lebih dari seminggu karena investor mengambil untung menjelang rilis data klaim pengangguran AS.

Harga minyak Brent untuk pengiriman Mei turun US$1,07 atau 1,3 persen, menjadi ditutup pada US$81,59 per barel di London ICE Futures Exchange, penutupan terendah sejak 22 Februari.

Sementara itu, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April anjlok 94 sen atau 1,2 persen, menjadi menetap pada US$75,72 per barel di New York Mercantile Exchange, penutupan terendah sejak 27 Februari.

Mengutip Bloomberg, Jumat (10/3/2023), pasar minyak mentah membalikkan reli awal yang didorong oleh ekspektasi bahwa angka pengangguran yang lebih tinggi dari perkiraan dapat membuka jalan bagi Federal Reserve untuk mengambil pendekatan yang tidak terlalu kuat terhadap kenaikan suku bunga.

Sentimen berubah suram karena para pedagang beralih untuk menangkap keuntungan di tengah lingkungan makro yang tidak pasti.

Investor sekarang menunggu data terbaru dari laporan penggajian tenaga kerja AS pada Jumat waktu setempat.

“Mengunci hasil dan kurangnya selera risiko secara umum menjadi faktor penurunan pada akhir perdagangan Kamis,” kata Bart Melek, direktur pelaksana dan kepala strategi komoditas global di TD Securities.

Terlepas dari hambatan makro AS, beberapa pengamat pasar terkemuka memiliki prospek bullish dengan permintaan yang biasanya meningkat memasuki musim panas. Para pedagang dari Trafigura Group memprediksi Brent mencapai US$90 per barel pada pertengahan tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper