Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi Melantai Hari Ini, Pertamina Geothermal (PGEO) Bakal Kebut Ekspansi

Pertamina Geothermal Energy (PGEO) akan resmi melantai di bursa hari ini (24/2/2023). IPO PGEO senilai Rp9,05 triliun mayoritas akan digunakan untuk ekspansi.
Setelah IPO PT Pertamina Geothermal Energy (PGEO). Bakal Kebut Ekspansi/Bisnis-Lukas Hendra
Setelah IPO PT Pertamina Geothermal Energy (PGEO). Bakal Kebut Ekspansi/Bisnis-Lukas Hendra

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina Geothermal Energy (PGEO) telah melakukan aksi penawaran umum saham perdana (IPO). PGEO pun akan resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Jumat (24/2/2023). PGEO menetapkan harga IPO Rp875 per saham. Artinya perusahaan pelat merah ini maksimal akan meraup dana hingga Rp9,05 triliun. Rencananya sebagian besar dana tersebut akan digunakan untuk ekspansi usaha sampai 2025.

Dalam prospektus IPO, PGEO berencana untuk menggunakan 85 persen dana IPO untuk pengembangan usaha sampai 2025. Rinciannya, sekitar 55 persen akan digunakan sebagai capital ecpenditure (capex) atau investasi pengembangan kapasitas tambahan dari WKP operasional PGEO saat ini, yang dilakukan melalui pengembangan konvensional dan utilisasi co-generation technology untuk memenuhi permintaan tambahan dari pelanggan existing PGEO.

Pengembangan ini sebagian besar akan digunakan antara lain untuk WKP Lahendong, WKP Hululais, WKP Lumut Balai dan Margabayur, WKP Gunung Way Panas, WKP Sungai Penuh, dan WKP Gunung Sibayak-Gunung Sinabung.

Lalu, sekitar 33 persen akan digunakan untuk capex pengembangan kapasitas tambahan dari WKP operasional PGEO saat ini yang dilakukan melalui pengembangan konvensional dan utilisasi co-generation technology, untuk mengantisipasi kebutuhan pasar baru. Pengembangan ini sebagian besar akan digunakan antara lain untuk WKP Lumut Balai dan Margabayur, WKP Hululais, WKP Gunung Way Panas, dan WKP Kamojang-Darajat.

Kemudian sekitar 12 persen akan digunakan untuk capex atau investasi pengembangan kemampuan digital, analitik, dan manajemen reservoir untuk mendukung production, operation & maintenance excellence.

Adapun, sebesar 15 persen sisa dana hasil IPO atau sebanyak-banyaknya sampai US$100 juta akan digunakan untuk pembayaran sebagian facilities agreement tertanggal 23 Juni 2021 antara PGEO dengan mandated lead arrangers, kreditur sindikasi awal, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) sebagai Facility Agent.

Apabila dana hasil IPO tidak mencukupi, PGEO menuturkan masih memiliki berbagai alternatif pembiayaan yang antara lain berasal dari kas internal PGEO dan/atau fasilitas pendanaan konvensional maupun pasar modal mengingat rasio-rasio keuangan PGEO masih memungkinkan untuk melakukan hal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper