Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Belanja Saham Happy Hapsoro, Suami Puan Maharani

Saat ini terdapat enam emiten yang sahamnya dikoleksi Happy Hapsoro yaitu CBRE, MINA, RAJA, SINI, FORU, dan PSKT.
Fasilitas infrastruktur gas PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA)./raja.co.id
Fasilitas infrastruktur gas PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA)./raja.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Happy Hapsoro kerap melakukan akuisisi emiten di Bursa Efek Indonesia melalui perusahaan investasinya yakni PT Basis Utama Prima (Basis Investment).

Saat ini terdapat enam emiten yang sahamnya dikoleksi Happy Hapsoro yaitu CBRE, MINA, RAJA, SINI, FORU, dan PSKT. Rumor terbaru di pasar menyebutkan, suami Puan Maharani ini diisukan akan mencaplok saham emiten transportasi PT Express Transindo Utama Tbk. (TAXI).

Berikut emiten-emiten koleksi Happy Hapsoro:

1. PT Cakra Buana Resources Energi Tbk. (CBRE)

Emiten angkutan laut domestik untuk barang umum ini baru saja melantai di Bursa pada 9 Januari 2023 dengan harga Rp108 per saham. CBRE disebut sebagai emiten orang Hapsoro karena pemegang saham pengendali dan pemilik manfaat Suganto Gunawan memiliki ‘irisan’ relasi Happy Hapsoro lewat emiten perhotelan PT Red Planet Indonesia Tbk. (PSKT).

2. PT Sanurhasta Mitra Tbk. (MINA)

Pada September 2022 lalu, menantu Megawati ini mencaplok saham pengembang properti, MINA melalui PT Basis Utama Prima. BUP memiliki porsi kepemilikan saham sebanyak 3 miliar atau setara 45,71 persen. MINA tercatat di Bursa pada 20 April 2017 dengan harga Rp105. Pada perdagangan hari ini, saham MINA parkir di level Rp72, tidak bergerak dibandingkan perdagangan kemarin.

3. PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA)

Hapsoro diketahui menjadi pengendali atas emiten gas alam ini. Porsi kepemilikannya yaitu melalui Basis Utama Prima sebanyak 12,22 persen dan secara pribadi sebanyak 28,51 persen. RAJA mulai melantai di Bursa pada 19 April 2006 di harga Rp120. Pada perdagangan hari ini, RAJA berada di posisi Rp1.165 per saham.

4. PT Singaraja Putra Tbk. (SINI)

Emiten akomodasi ini melantai di bursa pada 8 November 2019 dengan menawarkan harga Rp108 per saham. Happy Hapsoro memiliki porsi kepemilikan SINI melalui BUP sebanyak 12 persen atau sekitar 57,7 juta saham. Hari ini, SINI bergerak menuju angka 1,340 per saham, turun 0,37 persen.

5. PT Fortune Indonesia Tbk. (FORU)

Happy Hapsoro memiliki saham FORU secara tidak langsung melalui PT Karya Citra Prima yang merupakan pemegang mayoritas FORU sebanyak 89,25 persen yang juga diakuisisi melalui BUP.

6. PT Red Planet Indonesia Tbk. (PSKT)

Hapsoro menjadi pemegang saham PSKT yang bergerak sebagai operator hotel. Lewat PT Basis Utama Prima, Hapsoro diketahui memiliki 40 persen saham PSKT atau setara dengan 4,21 miliar.

Suami Ketua DPR RI ini juga dikabarkan akan mengakuisisi saham emiten transportasi, TAXI. Happy Hapsoro diisukan akan mengakuisisi saham emiten transportasi tersebut melalui PT Basis Utama Prima (BUP) sebanyak 2,2 miliar saham atau setara 35 persen. BUP disebut akan mengakuisisi saham TAXI dengan harga pembelian Rp20 per saham atau sebesar Rp44 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper