Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menyapa Lo Kheng Hong, Hermanto Tanoko Janjikan Cuan Dividen

Bos Tancorp Hermanto Tanoko berharap para investor di portofolio perusahaan yang dia pimpin bisa mendulang keuntungan, baik melalui capital gain maupun dividen.
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko./Instagram
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko./Instagram

Bisnis.com, JAKARTA — PT Penta Valent Tbk. (PEVE) menjadi perusahaan teranyar yang diboyong Grup Tancorp milik Hermanto Tanoko ke bursa saham. PEVE menjadi perusahaan tercatat ketujuh dalam gurita bisnis konglomerat asal Surabaya itu.

PEVE melantai pada Selasa (24/1/2023) dan menawarkan 353,12 juta saham di harga Rp149 sehingga berhasil menghimpun dana IPO Rp52,61 miliar. Di hari pertamanya di Bursa, saham PEVE bergerak menyentuh auto reject atas (ARA) dengan kenaikan 34,23 persen ke posisi Rp200.

Kepemilikan saham PEVE oleh Hermanto Tanoko sendiri direpresentasikan oleh PT Tancorp Mega Buana yang menggenggam 712,50 juta saham PEVE atau setara dengan 40,35 persen.

Sebelum PEVE, perusahaan terakhir Grup Tancorp yang melaksanakan IPO adalah produsen cat PT Avia Avian Tbk. (AVIA). AVIA listing pada 8 Desember 2021 dan berhasil menghimpun Rp5,77 triliun dalam aksi korporasi itu.

Aksi korporasi lain yang dilakukan Grup Tancorp adalah akuisisi emiten keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk. (CAKK). Transaksi senilai Rp151,59 miliar tersebut menempatkan Tancorp sebagai pengendali baru CAKK.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan aktifnya aksi korporasi Grup Tancorp menjadi momentum positif.

“Diversifikasi bisnis merupakan salah satu hal terpenting untuk dapat mengakselerasi bisnis menjadi lebih cepat,” kata Nico, Selasa (24/1/2023).

PEVE memiliki kegiatan usaha utama sebagai distributor produk farmasi, alat kesehatan dan produk konsumsi seperti kosmetik dan toiletries. Operasional PEVE menambah lini bisnis Tancorp yang tersebar di berbagai sektor, seperti barang konsumer PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO), properti melalui PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk. (RISE).

Sementara itu, bisnis cat lewat PT Avia Avian Tbk. (AVIA) turut didukung oleh bisnis toko bangunan PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. (DEPO).

“Membuat jalur dari hulu ke hilir menjadi satu kesatuan merupakan salah satu strategi bisnis juga untuk menghemat biaya dan mempercepat proses bisnis menjadi terintegrasi,” lanjut Nico.

Terpisah, Bos Tancorp Hermanto Tanoko berharap para investor di portofolio perusahaan yang dia pimpin bisa mendulang keuntungan, baik melalui capital gain maupun dividen. Dia memberi sinyal bahwa strategi perusahaan-perusahaan Grup Tancorp ke depannya adalah mengejar pertumbuhan dengan sehat.

“Arah kami perusahaan bisa memberi dividen. Namun lebih dari itu, untuk perusahaan yang pertumbuhannya 30 sampai 40 persen, tentu ada kebutuhan untuk ekspansi jangka panjang,” kata Hermanto.

Saat memberikan sambutan di acara listing PEVE, Hermanto Tanoko menyapa khusus Lo Kheng Hong yang hadir di antara para tamu BEI.

“Terima kasih juga kepada Bapak Lo Kheng Hong yang telah berkenan hadir. Beliau merupakan salah satu investor saham yang sukses meraup untung triliunan rupiah di pasar modal Indonesia. Pak Lo juga terus berbagi kiat-kiat suksesnya,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper