Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Tambang Emas Grup Bakrie (BRMS) Berpotensi Raup US$50 juta 2023

Tambahan produksi emas emiten Grup Bakrie PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS) bakal membawa keuntungan dan mendongkrak pendapatan perseroan di 2023.
Fasilitas pengolahan bijih emas PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS)./Istimewa
Fasilitas pengolahan bijih emas PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Tambahan produksi emas emiten Grup Bakrie PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS) bakal membawa keuntungan dan mendongkrak pendapatan perseroan di 2023.

Tim Analis RHB Sekuritas Indonesia menyebutkan dengan adanya pengembangan pabrik emas baru di Palu, BRMS berpotensi meningkatkan produksi emas hingga 31.600 troy per ounce pada 2023 dari hanya sekitar 5.190 troy per ounce pada 2022.

"Hal ini berpotensi meningkatkan topline BRMS ke US$50 juta pada 2023 dari capaian tahun ini sekitar US$11 juta. Hal ini didasarkan pada perkiraan harga emas rata-rata di US$1.700 per ons," tulisnya dalam riset, dikutip Selasa (6/12/2022).

Sampai November 2022, BRMS masih mengoperasikan satu pabrik milik anak usahanya Citra Palu Minerals berkapasitas 500 ton per hari. Selain itu, satu pabrik berkapasitas 4.000 ton juga mulai beroperasi namun masih dalam masa uji coba dengan kapasitas 200 ton per hari.

Dari sisi biaya, Manajemen BRMS sendiri menyebut akan mempertahankan cash cost untuk segmen emas di kisaran US$900-US$1.100 per ons untuk menangkap marjin Ebitda sekitar 35 persen. 

Masa depan cerah BRMS juga didapat dari adanya rencana ekspansi dua pabrik emas tambahan di Gorontalo hang akan beroperasi mulai 2024 dengan kapasitas masing-masing 2.000 ton per hari. Tambahan kapasitas ini akan membuat produksi emas BRMS pada 2024 bisa mencapai 48.500 ons emas per tahun.

"Dengan beragam proyeksi positif pada bottom line perusahaan, yang akan dihasilkan dari operasional pabrik-pabrik barunya ke depan, kami yakin saham BRMS masih undervalue dibandingkan dengan saham emiten serupa lainnya," jelas Tim Analis RHB Sekuritas.

Pada perdagangan Selasa (6/12/2022) harga saham BRMS terpantau naik 0,56 persen ke Rp179 per saham. Harga saham BRMS berhasil tumbuh 54,31 persen sepanjang 2022 berjalan, dan tumbuh 83,59 persen dalam setahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper