Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Usai Data Center, Grup Salim Mantap Masuk Metaverse Gandeng WIRG

Usai masuk bisnis data center, Grup Salim dan PT Wir Asia Tbk. (WIRG) mengembangkan metaverse melalui perusahaan bersama PT Metaverse Indonesia Makmur.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 30 November 2022  |  13:55 WIB
Usai Data Center, Grup Salim Mantap Masuk Metaverse Gandeng WIRG
Direktur Utama PT Indofood Sukses Makmur Tbk Anthoni Salim (kedua kanan) berbincang dengan Direktur Thomas Tjhie (dari kiri), Direktur Axton Salim dan Direktur Franciscus Welirang, usai RUPST dan luar biasa, di Jakarta, Rabu (29/5/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Grup Salim dan PT Wir Asia Tbk. (WIRG) mengembangkan metaverse melalui perusahaan bersama PT Metaverse Indonesia Makmur.

Dengan keahlian dan pengalaman WIR Group yang telah merintis pengembangan teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), and Artificial Intelligence (AI) sejak 2009 dan menyelesaikan proyek di lebih dari 20 negara, Salim Group memantapkan langkah untuk masuk dan menjelajahi dunia metaverse guna menghadirkan inovasi dan terobosan baru, serta memanfaatkan setiap peluang yang ada demi pengembangan usaha.

Executive Director Salim Group Axton Salim mengatakan kolaborasi ini diharapkan mampu mendorong pengembangan platform metaverse yang diberi nama Nusameta.

"Kami percaya metaverse Nusameta bisa menggali potensi dan peluang-peluang bisnis yang sebelumnya tidak terbayangkan. Bersama WIR Group, kami akan menghadirkan kesempatan luar biasa bagi pengembangan bisnis korporasi di masa depan," kata Axton dalam keterangan resmi, Rabu (30/11/2022).

Chief Executive Officer & Co Founder WIR Group Michael Budi mengatakan prototipe ekosistem metaverse Nusameta telah ditampilkan untuk pertama kalinya di ajang NXC International Summit 2022 pada 31 Agustus 2022 di Bali.

Melalui Nusameta, masyarakat dapat mulai memasuki dunia metaverse secara nyata dan mulai merasakan pengalaman unik yang imersif, menggali berbagai potensi, dan memperoleh berbagai manfaat. Nusameta akan siap untuk dijelajahi pengguna secara utuh pada tahun 2023.

“Dengan dukungan Salim Group, kehadiran Nusameta merupakan inisiasi baru di tahun 2022 yang merupakan pelengkap dari ekosistem teknologi AR-VR-AI dan O2O atau Online to Offline platform yang sudah dibangun sejak awal WIR Group berdiri," ujar Michael.

WIRG menilai saat ini adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan metaverse yang terintegrasi dengan ekosistem O2O kepada masyarakat, sejalan dengan pemahaman yang mulai meluas di masyarakat mengenai metaverse.

"Menyikapi tingginya akselerasi perkembangan teknologi di dunia, kami ingin masyarakat Indonesia dapat segera ambil bagian dalam tren teknologi global dan dapat memperoleh berbagai manfaat darinya,” tuturnya.

Pada fase awal Nusameta, salah satu fitur yang ditawarkan adalah pembuatan avatar yang berfungsi sebagai representasi digital pengguna di dunia metaverse.

Beberapa pengalaman interaktif yang nantinya dapat dilakukan di dunia virtual Nusameta antara lain event-event virtual seperti Jakarta Fashion Week, dan berbagai aktivitas lainnya ke depannya, sehingga pengguna Nusameta akan memiliki beragam pengalaman imersif di tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

grup salim WIR Asia metaverse
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top