Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aneka Gas (AGII) Bersiap Bangun Pabrik Baru di Batang

Emiten gas PT Aneka Gas Industri Tbk. (AGII) menyampaikan akan membangun pabrik baru di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).
Stasiun pengisian gas milik PT Aneka Gas Industri Tbk./anekagas.com
Stasiun pengisian gas milik PT Aneka Gas Industri Tbk./anekagas.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten gas PT Aneka Gas Industri Tbk. (AGII) menyampaikan akan membangun pabrik baru di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah, Indonesia.

Direktur Utama AGII Rachmat Harsono mengatakan pembangunan ini dilakukan setelah AGII resmi menandatangani perjanjian jual beli untuk menjadi pemasok gas industri salah satu pabrik milik KCC Glass Corporation (KCC Glass).

“KCC Glass adalah pelanggan pertama kami di KITB,” ujar Rachmat, dalam keterangan resminya, Sabtu (26/11/2022).

Dia melanjutkan, pabrik baru ini tidak hanya akan menjadi the leading industrial gas provider untuk tenant-tenant KITB, tetapi juga untuk pelanggan industri maupun pelanggan kesehatan yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Menurutnya, AGII telah menyaksikan peningkatan yang pesat tidak hanya dari sisi kebutuhan gas industri, tetapi juga dari sisi kebutuhan gas medis dari wilayah tersebut.

Tambahan kapasitas ini akan mendukung AGII untuk memenuhi pertumbuhan permintaan yang ada, dan pada saat bersamaan juga dapat meningkatkan efisiensi operasional dikarenakan mengurangi kemungkinan distribusi produk dari Jawa Barat dan Timur.

Rachmat menjelaskan, pabrik baru AGII di KITB akan melayani kebutuhan gas secara pipeline, bulk (gas cair), maupun silinder. Sektor-sektor yang dilayani akan mencakup manufaktur, infrastruktur, ritel, kesehatan dan barang konsumsi.

"AGII kini tengah mengevaluasi beberapa sumber pendanaan investasi yang kompetitif, untuk mendukung kinerja operasional maupun keuangan AGII selama pembangunan pabrik di KITB," ucapnya.

Sebagai informasi, beberapa PMA yang telah menjadi tenant kawasan tersebut adalah KCC Glass Corporation, Wavin Manufacturing Indonesia, dan beberapa PMDN seperti Jayamas Medika Industri. KITB juga direncanakan menjadi Kawasan yang mendukung untuk pengembangan industri mobil listrik nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper