Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Reksa Dana Saham Melemah dalam Sepekan , Simak Tips Dari Infovesta Agar Cuan

Kiinerja reksa dana saham pada periode 11 - 18 November 2022 terpantau turun 0,99 persen. Inforesta membagikan tipsnya agar investor cuan.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 21 November 2022  |  13:42 WIB
Reksa Dana Saham Melemah dalam Sepekan , Simak Tips Dari Infovesta Agar Cuan
Warga mengakses informasi tentang reksa dana di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis - Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Reksa dana saham mencatatkan pelemahan kinerja pada pekan lalu di tengah pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang sideways.

Berdasarkan laporan Infovesta Utama pada Senin (14/11/2022), kinerja reksa dana saham pada periode 11 - 18 November 2022 terpantau turun 0,99 persen. Adapun, secara year to date (ytd) reksa dana saham mencatatkan return positif sebesar 0,86 persen.

Pelemahan pada reksa dana saham tersebut dipengaruhi oleh Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang bergerak sideways pada pekan lalu. Tercatat, IHSG mengalami pelemahan sebesar 0,10 persen pada pekan lalu ke level 7.082.

Pergerakan IHSG dipengaruhi oleh rilis data Neraca Perdagangan Indonesia yang surplus US$5,67 miliar pada Oktober 2022 dibandingkan dengan US$4,99 miliar pada September 2022.

“Surplusnya Neraca Perdagangan Indonesia didorong kinerja ekspor yang meningkat menjadi US$24,81 miliar, sementara kinerja impor menurun menjadi US$19,13 miliar,” jelasnya

Dari sentimen global, rilis data Produksi Manufaktur tahunan Amerika serikat turun ke level 2,4 persen. Penurunan ini sejalan dengan melemahnya kontribusi ekspor menjadi 6,9 persen dan Penjualan Ritel AS menurun menjadi 8,3 persen pada Oktober 2022.

Selanjutnya, inflasi tahunan ekonomi Eropa meningkat sebesar 10,6 persen. Peningkatan itu merupakan rekor tertinggi dan jauh di atas target Bank Sentral Eropa sebesar 2 persen. Kenaikan tersebut terutama berasal dari harga energi yang meningkat.

Melihat kondisi pasar sepekan yang lalu, investor dapat memanfaatkan sentimen tersebut untuk berinvestasi pada pasar saham. Sektor energi dan barang konsumen menjadi rekomendasi dari Infovesta.

“Sektor energi dapat dicermati menjelang musim dingin Eropa, sementara sektor barang konsumen dapat menjadi pilihan jelang hari besar di akhir tahun,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

reksa dana IHSG ekonomi global amerika serikat sektor energi indeks keyakinan konsumen
Editor : Ibad Durrohman
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top