Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Laba Melejit 57,33 Persen, Produsen Obat Antimo Phapros (PEHA) Targetkan Pertumbuhan Signifikan di Q4/2022

PT Phapros Tbk. (PEHA) mencatatkan pertumbuhan laba 57,33 persen. Pulihnya sektor pariwisata membuat pertumbuhan penjualan obat Antimo naik 100 persen.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 17 November 2022  |  18:40 WIB
Laba Melejit 57,33 Persen, Produsen Obat Antimo Phapros (PEHA) Targetkan Pertumbuhan Signifikan di Q4/2022
Gedung PT Phapros, Tbk. - UGM
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anak usaha PT Kimia Farma TBk. (KAEF), PT Phapros Tbk. (PEHA) mencatatkan laba bersih tumbuh 57,33 persen pada kuartal III/2022.

Berdasarkan laporan keuangan yang tidak diaudit per 30 September 2022, emiten berkode PEHA ini mencatatkan laba bersih sebesar Rp17,12 miliar tumbuh 57,33 persen dari edisi yang sama tahun lalu Rp10,88 miliar.

Laba bersih ini dikontribusi atas kenaikan penjualan bersih produsen Antimo ini yang naik 14,24 persen menjadi Rp876,43 miliar dari Rp767,17 miliar pada 9 bulan tahun lalu.

Direktur Utama Phapros Hadi Kardoko optimistis perusahaan masih bisa mencetak pertumbuhan dua digit di kuartal IV/2022 dengan melihat historis pertumbuhan yang naik signifikan dibanding tahun lalu.

Apalagi produk andalan Phapros seperti Antimo semakin luas diterima oleh pasar dalam negeri sehingga terus memberikan kontribusi terbesar dalam kinerja keuangan.

Menurutnya, kondisi makro dan mikro ekonomi yang mulai membaik menjadi salah satu faktor pendorong bisnis Phapros kembali normal, selain tentunya strategi perusahaan untuk terus melakukan penetrasi pasar dan memproduksi obat-obatan dan alat kesehatan berbasis riset.

"Pulihnya sektor pariwisata membuat produk travel convenience kami, Antimo, juga tumbuh signifikan di atas 100 persen dibandingkan tahun lalu. Termasuk beberapa produk pareto di sektor peresepan seperti gigi, alergi dan lainnya,” tutur Hadi, Kamis(17/11/2022).

Selain laba periode berjalan dan aset lancar, penjualan bersih Phapros juga tumbuh sebesar 14 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara ekuitas perusahaan juga tumbuh sebesar 1 persen.

Di sisi lain pertumbuhan saham Phapros pada triwulan ketiga tahun ini berada di level hijau, yaitu menyentuh angka 2,29 persen dengan nilai saham meningkat 53 persen. Hadi melihat bahwa para investor menilai saham Phapros menjadi salah satu portofolio yang harus dikoleksi untuk tabungan jangka panjang karena terus bertumbuh.

“Mereka melihat Phapros berkomitmen untuk terus menjaga kualitas produk-produk yang dimiliki, sehingga meningkatkan kepercayaan pelanggan. Strategi kami hingga akhir 2022 ini masih fokus pada customer intimacy, dan ini yang menjadi faktor kenapa saham Phapros layak untuk disimpan,” tambah Hadi.

Technical Analyst BCA Sekuritas Achmad Yaki Yamani mengatakan prospek saham industri farmasi di kuartal IV/2022 ini masih akan baik karena meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mencegah penyakit dengan mengkonsumsi suplemen dan vitamin.

“Saham emiten farmasi dan healthcare masih berpotensi untuk dibeli saat mencapai harga terendah atau buy on weakness, dan trading saham terutama pada emiten rumah sakit, healthcare dan farmasi yang punya porsi penjualan produk suplemen vitamin yang cukup besar,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Phapros juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan BUMN cluster transportasi seperti PT KAI (Persero), PT PELNI (Persero), Perum DAMRI, dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Penandatanganan nota kesepahaman ini dalam rangka memperingati 50 tahun Antimo yang menjadi salah satu living legend brand Indonesia serta menjadi bentuk sinergi dan penguatan aspek core business dari masing-masing BUMN, khususnya terkait engagement dan positioning bagi traveller lintas generasi yang menjadi pelanggan utama, baik melalui branding ataupun aktivitas lain ke depannya.

“Dengan adanya kolaborasi lintas BUMN, kami optimistis kinerja keuangan Phapros kuartal IV/2022 nanti semakin baik dan rencana-rencana kerja yang telah kami susun untuk 2023 bisa berjalan sesuai dengan target-target yang telah kami tetapkan,” kata Hadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PEHA kaef Pariwisata pt kai pt pelni BUMN
Editor : Ibad Durrohman
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top