Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Penyebab Laba Perusahaan Metaverse WIRG Milik Yenny Wahid Melesat

Pendapatan dan laba Wir Group (WIRG) yang 2,35 persen sahamnya dimiliki Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau Yenny Wahid melonjak.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 07 November 2022  |  05:53 WIB
Penyebab Laba Perusahaan Metaverse WIRG Milik Yenny Wahid Melesat
Pendapatan dan laba Wir Group (WIRG) yang 2,35 persen sahamnya dimiliki Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau Yenny Wahid melonjak.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten teknologi yang bergerak di bisnis metaverse PT WIR Asia Tbk. (WIRG) mencatatkan peningkatan laba bersih sepanjang 9 bulan pertama pada 2022.

Pendapatan dan laba bersih emiten yang 2,35 persen sahamnya dimiliki Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan Yenny Wahid itu menguat.

Hingga kuartal III/2022, WIRG mencetak pendapatan sebesar Rp1,27 triliun. Pendapatan ini naik 179,36 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp432,2 miliar.

Pendapatan WIRG ini didorong oleh penjualan bermacam-macam barang via platform sebesar Rp939,4 miliar, promosi dan iklan via platform Rp97,2 miliar, pengembangan aplikasi perangkat lunak Rp93,7 miliar, konsultasi merek dan IT Rp57 miliar, dan komisi transaksi via platform senilai Rp20,1 miliar.

Sementara pendapatan dari pelanggan yang melebihi 10 persen diperoleh dari PT Komputindo Makmur Sejahtera yang sebesar Rp15,45 miliar.

Naiknya pendapatan WIRG ini turut mengerek naik beban pokok pendapatan menjadi Rp1,07 triliun, naik 181,9 persen dari Rp381,2 miliar secara tahunan atau year-on-year (yoy).

Meskipun beban pokok naik, WIRG tercatat masih mampu membukukan laba kotor sebesar Rp132,4 miliar, naik 159,7 persen secara tahunan dari Rp50,9 miliar.

WIRG pun tercatat mampu mencetak laba bersih senilai Rp34,85 miliar hingga kuartal III/2022, naik 187,6 persen secara tahunan dari Rp12,1 miliar.

Adapun, hingga kuartal III/2022, WIRG tercatat membukukan penerimaan kas dari pelanggan sebesar Rp1,02 triliun, dengan arus kas bersih yang digunakan untuk aktivitas operasi terkoreksi Rp50,4 miliar.

Sementara itu, kas dan setara kas WIRG pada akhir periode yakni senilai Rp137,7 miliar hingga kuartal III/2022, naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp8,4 miliar.

Sebelumnya, Direktur WIR Asia Jimmy Halim mengatakan, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, kinerja emiten berkode saham WIRG ini mengalami pertumbuhan yang sangat positif.

"Kami targetkan pertumbuhan pendapatan 197 persen hingga akhir 2022 menjadi Rp1,79 triliun," ujar Jimmy, dalam paparan publik WIRG di Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Dia melanjutkan, pertumbuhan pendapatan ini akan didorong oleh pendapatan commerce yang akan dikontribusi oleh anak usaha perseroan PT Vatar Media Raya melalui DAV, dan PT Tiga Akar Mimpi melalui Mind Stores.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

WIRG WIR Asia Kinerja Emiten metaverse emiten teknologi yenny wahid
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top