Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPCC Keluar Zona Nyaman, Garap Bisnis Selain Jasa Terminal Kendaraan

Emiten grup Pelindo, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) mulai memasuki bisnis pre delivery center (PDC) atau pelayanan sebelum pengiriman kendaraan.
Entitas Grup Pelindo, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) menggelar RUPSLB melakukan pergantian direksi komisaris perseroan.
Entitas Grup Pelindo, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) menggelar RUPSLB melakukan pergantian direksi komisaris perseroan.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten grup Pelindo, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) mulai memasuki bisnis pre delivery center (PDC) atau pelayanan sebelum pengiriman kendaraan.

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Indonesia Kendaraan Terminal Agus Hendrianto menjelaskan bisnis rantai pasok mengharuskan emiten berkode IPCC juga mulai dari hulu hingga hilir.

"Artinya, jika kita bicara mengenai industri otomotif maka kita harus lihat rangkaian kegiatan mulai dari kendaraan itu diproduksi dengan menggunakan bahan baku yang ada, lalu penanganan logistik dari komponen-komponen otomotif itu sendiri, lalu distribusi dan transportasi dari pabrik hingga ke end users," jelasnya dalam keterangan, Rabu (5/10/2022).

Sementara itu, IPCC berada di pengelolaan dan penyediaan terminal dengan segala fasilitas, infrastruktur, dan berbagai sumber daya pendukung lainnya yang mendukung kegiatan transportasi dan distribusi kendaraan.

Dalam pengembangan inovasi bisnisnya, anak usaha BUMN itu berekspansi untuk dapat memberikan layanan terintegrasi berupa Car(go) Distribution Management yang salah satunya ialah Layanan lapangan penumpukan kargo sebelum didistribusikan via darat.

Adapun layanan tersebut ialah pre delivery center (PDC). Layanan ini telah berhasil direalisasikan oleh IPCC dengan dukungan para sumber daya manusia yang telah memiliki standardisasi pelayanan berkelas dunia. Dukungan ini menjadi keharusan demi mewujudkan excellent operation di layanan yang disediakan oleh IPCC.

Masuknya IPCC ke dalam layanan PDC merupakan bagian dari realisasi komitmen IPCC menyediakan layanan-layanan pada ekosistem rantai distribusi kargo otomotif.

Masuknya IPCC ke dalam layanan ini seiring dengan langkah IPCC untuk merealisasikan spirit of “Beyond The Gate” dimana IPCC masuk ke dalam peluang bisnis baru dalam pengembangan bisnis layanan penampungan kendaraan yang dilakukan di luar Pelabuhan / terminal.

Saat ini, Hyundai Motor Indonesia merupakan pelanggan perdana yang telah menggunakan layanan anyar dari IPCC ini. Dari kegiatan operasional di PDC yang telah dilakukan, Hyundai Motor Indonesia diklaim merasa puas dengan kesiapan layanan, fasilitas, dan keamanan yang memadai serta kegiatan operasional lainnya yang disediakan oleh IPCC.

“Masuknya IPCC ke bisnis PDC ini melihat kian meningkatnya produksi kendaraan dan distribusi akan kendaraan tersebut ke area penumpukan sebelum dilakukan distribusi ke sejumlah outlet. Maka dari itu, sebagai bagian dari spirit Beyond The Gate, IPCC masuk ke bisnis PDC," tuturnya.

Adapun area penumpukan ini biasanya dicari oleh para produsen kendaraan untuk menampung kendaraan setelah kendaraan tersebut diproduksi.

Hal ini menjadi biaya tambahan bagi produsen kendaraan yang akan menempatkan kargo kendaraannya di luar pabriknya. Dengan adanya layanan PDC ini maka car maker bisa memanfaatkan layanan terintegrasi yang disediakan oleh IPCC alias paket layanan bongkar muat.

Dengan melihat peluang tersebut maka tidak tertutup kemungkinan IPCC akan dapat menjalin kerjasama PDC tersebut ke sejumlah pabrikan otomotif.

Bagi para pabrikan otomotif yang tertarik dengan layanan ini maka bisa memanfaatkan layanan anyar yang diberikan oleh IPCC ini sehingga nantinya dapat memberikan nilai tambah bagi IPCC maupun para automaker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper