Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saham GOTO Tekan IHSG 1,9 Persen pada September 2022

Sektor saham yang mengalami penurunan paling tajam selama September 2022 adalah sektor IDX Techno sebesar 11 persen.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 04 Oktober 2022  |  14:09 WIB
Saham GOTO Tekan IHSG 1,9 Persen pada September 2022
Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Martha Christina dalam Mirae Asset Media Day di Jakarta, Selasa (4/10/2022) - Bisnis/Annisa Saumi.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Mirae Asset Sekuritas memaparkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun sebanyak 1,9 persen pada September 2022, setelah naik 3,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Saham teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) disebut menjadi salah satu penekan IHSG selama September 2022.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Martha Christina mengatakan, IHSG sempat menyentuh posisi all time high pada level 7.377 selama September 2022 sebelum The Fed meningkatkan suku bunga.

"Setelah Fed rate naik, yang terjadi selama dua minggu itu IHSG melemah dan net sell asing mencapai Rp5,8 triliun," kata Martha dalam Mirae Asset Sekuritas Media Day, di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Dia melanjutkan, dari 11 indeks sektoral, 9 sektor di antaranya turun dan hanya dua sektor yang mengalami penguatan. Dua sektor yang mengalami penguatan tersebut adalah IDX Energy yang naik 1,1 persen, dan IDX Health yang naik 4,2 persen.

Menurutnya, IDX Health berhasil mengungguli indeks sektoral lain dan menjadi sektor saham defensif selama September 2022. Penguatan IDX Health ini salah satunya disebabkan IDX Health yang telah turun dalam beberapa bulan terakhir.

Sementara itu, sektor yang mengalami penurunan paling tajam adalah sektor IDX Techno sebesar 11 persen, dan sektor IDX Trans sebesar 10,7 persen.

"Jadi salah satu penekan indeks kita itu saham GOTO yang secara bulanan turun 19 persen. Selama September 2022, performa terburuk itu itu berasal dari saham GOTO, IDX Techno, dan IDX Trans, yang terdampak kenaikan BBM yang membuat sektor transportasi mengalami penurunan," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

GoTo Gojek Tokopedia IHSG mirae penggerak ihsg
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top