Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia, Indonesia Pertama

Nikel adalah salah satu hasil tambang yang nilai ekonominya tinggi. Berikut ini beberapa negara penghasil nikel terbesar di dunia.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 29 September 2022  |  23:52 WIB
Ini 5 Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia, Indonesia Pertama
5 Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nikel menjadi salah satu hasil tambang yang nilai ekonominya tinggi. Salah satu negara penghasil nikel terbesar di dunia yaitu Indonesia. 

Selain Indonesia, ada juga beberapa negara lain yang mampu menghasilkan nikel dalam jumlah cukup besar. Berikut penjelasan selengkapnya. 

Daftar Negara Penghasil Nikel

Komoditas tambang terus mengalami peningkatan sehingga mendorong banyak perusahaan dan negara yang menghasilkan produk tambang. Salah satu hasil tambang yang banyak diminati yaitu nikel. 

Nikel adalah salah satu hasil tambang yang sering digunakan sebagai bahan baku instalasi listrik. Maka dari itu keberadaan nikel menjadi sangat penting bagi peradaban manusia. 

Terlebih saat ini tren kendaraan listrik tengah naik daun. Hal tersebut membuat kebutuhan nikel dunia semakin tinggi. Produk tambang ini banyak dihasilkan di beberapa negara, berikut ini. 

1. Indonesia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya Indonesia menduduki posisi pertama sebagai negara penghasil nikel terbesar di dunia. Total produksi nikel di Indonesia mencapai 800 ribu MT yang selama ini dijadikan tolak ukur negara lain terkait dengan keseriusan untuk terjun pada tren nikel. 

Pada tahun 2019, Indonesia memproduksi nikel yang bahkan melampaui produksi minyak sawit. Tak hanya itu, Indonesia bahkan diketahui masih memiliki cadangan nikel yang jumlahnya sangat banyak yaitu 21 juta MT.

2. Filipina

Pada posisi kedua negara penghasil nikel terbesar di dunia ada Filipina yang berhasil memproduksi 420.000 MT nikel. Pada tahun 2017-2018 produksi nikel dari Filipina sempat mengalami penurunan dari 366.000 MT menjadi 340.000 MT. Akan tetapi, produksinya  mengalami peningkatan kembali pada tahun 2019 menjadi 420.000 MT. 

Pemerintah Filipina mencanangkan bahwa mereka akan menutup dua lahan pertambangan yang ada di Filipina sehingga bisa diperkirakan kegiatan pertambangan di Filipina juga turut terancam.

3. Rusia

Negara selanjutnya yang menjadi negara penghasil nikel terbesar di dunia ada negara Rusia yang menghasilkan 270.000 MT. Produksi nikel di negara ini juga mengalami penurunan pada tahun 2019. Pada tahun 2018 produksi nikel ada di Rusia berada di angka 272.000 MT  kemudian mengalami penurunan di tahun 2019 menjadi 270.000 MT.

4. New Caledonia

Negara penghasil nikel selanjutnya yaitu New Caledonia. Produksi nikel di negara ini terus mengalami peningkatan pada tahun 2018 dari 216.000 MT menjadi 220.000 MT. 

Jika Indonesia dan Filipina mengekspor nikel ke China, negara ini pada awalnya berbeda. Mereka tidak mau mengekspor nikel ke negara Cina dengan alasan ingin menyimpan dan memperbaiki industri lokalnya sendiri. 

Tetapi Desember 2016, negara ini akhirnya setuju untuk ekspor nikel ke negara China. Sejak itulah negara ini mengirimkan nikel dengan jumlah lebih dari 2 juta ton. Ekonomi negara New Caledonia ini juga sempat terancam karena sangat tergantung dari harga nikel. 

Pada awalnya pertambangan nikel VALE tahun 2018 memutuskan untuk menginvestasikan lebih dari 500 juta USD kepada pertambangan yang ada di New Caledonia. Tetapi, akhirnya berubah pikiran dan tetap terfokus pada pertambangan di Indonesia.

5. Australia

Ternyata negara Australia juga menjadi salah satu negara penghasil nikel terbesar di dunia yang mampu memproduksi 180.000 MT nikel. Hasil tambang ini di Australia hanya mengalami peningkatan dari 170.000 MT pada tahun 2018 menjadi 180.000 MT tahun 2019.

Pada tahun 2014 hingga 2016, harga nikel mengalami penurunan sangat drastis dan berdampak pada penutupan beberapa pertambangan di Australia. Harga pertambangan yang kini sudah semakin membaik membuat banyak pertambahan di Australia yang mencoba untuk memulai kembali untuk membuka pertambangan mereka.

Itulah negara penghasil nikel terbesar di Dunia, dan Indonesia menempati nomor satu. Kita harus bangga dengan kekayaan Sumber Daya Alam khususnya di nikel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Nikel negara Negara Penghasil sejarah indonesia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top