Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 10 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar, Ada Indonesia?

Minyak bumi merupakan salah satu kebutuhan manusia. Berikut daftar negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 01 Oktober 2022  |  12:01 WIB
Simak 10 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar, Ada Indonesia?
Daftar Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Minyak bumi merupakan salah satu hasil alam yang dibutuhkan seluruh umat manusia. Bahkan, harga minyak bumi bisa sangat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia.   

Sama seperti komoditas ekonomi lainnya, harga minyak bumi juga sangat dipengaruhi oleh ketersediaannya. Saat jumlah produksinya tinggi, maka harganya bisa menurun, begitupun sebaliknya. Pihak yang paling diuntungkan dari kenaikan harga minyak bumi yaitu negara penghasil minyak bumi terbesar.

Lantas, negara mana saja yang masuk dalam daftar produsen minyak bumi terbesar? Apakah Indonesia masuk dalam daftar tersebut? Temukan jawabannya pada uraian berikut ini.

Negara Penghasil Minyak Terbesar di Dunia

1. Amerika Serikat

Berdasarkan data BP Statistical Review 2022, di posisi pertama ada Amerika Serikat yang menempati posisi pertama sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar. Negara ini bisa menghasilkan 16,58 juta barel per hari dan mampu berkontribusi sekitar 18,5% produksi minyak bumi dunia di tahun 2021.

2. Arab Saudi

Negara lain yang mampu menghasilkan minyak bumi terbanyak yaitu Arab Saudi. Negara ini berkontribusi sekitar 12,2% produksi minyak dunia di tahun 2021 dengan jumlah produks sekitar 10,95 juta barel per hari.

3. Rusia

Rusia juga termasuk negara yang menghasilkan minyak bumi dalam jumlah besar. Negara ini diketahui bisa menghasilkan 10,94 juta barel per hari atau sekitar 12,2% produksi minyak di dunia.

4. Kanada

Minyak bumi juga dihasilkan oleh Kanada. Negara ini bahkan dapat menghasilkan minyak bumi sekitar 5,43 juta barel per hari. Kanada juga mampu berkontribusi sekitar 6% dari produksi minyak dunia.

5. Irak

Negara penghasil minyak bumi terbesar lainnya yaitu Irak. Negara ini berada di posisi kelima dengan jumlah produksi 4,10 juta barel per hari. Negara ini bisa berkontribusi 4,6% produksi minyak di dunia.

6. China

China juga termasuk negara penghasil minyak bumi terbesar. Negara ini dapat menghasilkan 3,99 juta barel per hari. Negara Tirai Bambu bisa berkontribusi 4,4% dari produksi dunia. Tak hanya produsen, China juga termasuk konsumen terbesar minyak dunia.

7. Uni Emirat Arab

Tak hanya Arab Saudi, Uni Emirat Arab juga termasuk negara penghasil minyak terbesar di dunia. Negara ini mampu memproduksi 3,67 juta barel per hari dan berkontribusi 4,0% produksi minyak di dunia.

8. Iran

Iran juga termasuk negara penghasil minyak bumi paling besar di dunia. Negara ini mampu memproduksi minyak sebanyak 3,62 juta barel per hari. Selain itu, mereka juga memberikan kontribusi 3.3% produksi minyak bumi di dunia.

9. Brasil

Negara penghasil minyak terbesar lainnya yaitu Brasil. Negara ini menempati posisi kesembilan dengan jumlah produksi minyak bumi mencapai 2,99 juta barel per hari. Negara ini bisa berkontribusi sekitar 3,0% produksi minyak dunia.

10. Kuwait

Kuwait berada di posisi ke-10 sebagai negara penghasil minyak terbesar di dunia. Negara ini mampu memproduksi 2.74 juta barel per hari dan berkontribusi sekitar 2,3% produksi minyak di dunia.

Itulah 10 negara yang mampu menghasilkan minyak bumi terbesar di dunia. Dari penjelasan, kita bisa mengetahui bahwa Indonesia tidak masuk 10 besar. Namun, negara kita menempati posisi ke-24 dengan total produksi 692 ribu barel per hari dan berkontribusi sekitar 0,8% produksi minyak di dunia.

Walaupun tidak masuk dalam 10 besar, faktanya Indonesia pernah menjadi anggota OPEC atau Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak. Indonesia menjadi anggota OPEC pada tahun 1962 karena pada saat itu, Indonesia mengalami surplus minyak cukup besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak bumi negara Negara Penghasil minyak
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top