Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Bitcoin Naik Lampaui US$20.000, Kapitalisasi Pasar Kripto Rp15.134 Triliun

Kenaikan harga Bitcoin hari ini terjadi di tengah situasi yang relatif tenang di pasar global setelah aksi jual yang membuat pasar saham babak belur.
Farid Firdaus
Farid Firdaus - Bisnis.com 27 September 2022  |  13:28 WIB
Harga Bitcoin Naik Lampaui US$20.000, Kapitalisasi Pasar Kripto Rp15.134 Triliun
Harga Bitcoin hari ini dan pasar kripto secara keseluruhan menguat, Selasa (27/9/2022) - Ilustrasi Mata Uang Kripto Bitcoin/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Harga Bitcoin hari ini melonjak lampaui US$20.000 dan nilai kapitalisasi pasar kripto secara keseluruhan naik kembali ke atas US$1 triliun setara Rp15.134 triliun, berkat jeda dalam gejolak pasar keuangan pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Selasa (27/9/2022), Bitcoin sebagai kripto terbesar menguat 6,1 persen pada 12:30 PM waktu Tokyo, mencapai yang tertinggi dalam lebih dari seminggu. Sementara itu, Eter, Solana dan Avalanche juga ikut menanjak.

Kenaikan terjadi di tengah situasi yang relatif tenang di pasar global setelah aksi jual yang membuat pasar saham babak belur, dan pasar obligasi serta komoditas menghadapi pengetatan cepat kebijakan moneter para bank sentral untuk melawan inflasi dan kekhawatiran tentang resesi.

Selama sebulan terakhir, pasar kripto telah terbukti lebih tangguh daripada aset tradisional, menimbulkan spekulasi bahwa yang terburuk mungkin sudah berakhir untuk kripto.

Indeks MVIS CryptoCompare Digital Assets 100 turun sekitar 1 persen selama sebulan terakhir dibandingkan kerugian 6 persen untuk obligasi global, dan lebih dari 10 persen untuk pasar saham global dan 11 persen untuk pasar komoditas.

“Pengukur jangka pendek kami mendukung rebound minggu ini. Namun, kami hanya merasa nyaman untuk pindah ke sikap netral jangka pendek karena kami memperkirakan pemantulan akan gagal dengan cepat,” kata Katie Stockton, pendiri Fairlead Strategies LLC, sebuah perusahaan riset yang berfokus pada analisis teknis kripto.

Sebagai catatan, harga Bitcoin saat ini yang bertengger di $20.000, masih jauh dari rekor tertinggi hampir $69.000 yang dicapai pada November 2021. Nilai pasar keseluruhan token digital adalah US$2 triliun lebih rendah dari puncak tahun 2021, menurut data CoinGecko.

Menurut James Butterfill, kepala penelitian di CoinShares, selera investor untuk aset digital tetap ‘hangat’. Namun dia menambahkan bahwa kegembiraan tentang peningkatan blockchain Ethereum, jaringan yang paling penting secara komersial, telah membantu sentimen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bitcoin cryptocurrency aset kripto Ethereum

Sumber : Bloomberg

Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top