Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra (ASII) Bakal Tambah Saham RS Hermina (HEAL)

PT Astra International Tbk. (ASII) mencari peluang menambah kepemilikan sahamnya di rumah sakit PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL).
RS Hermina Kemayoran. PT Astra International Tbk. (ASII) mencari peluang menambah kepemilikan sahamnya di rumah sakit PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL). /herminahospital.com
RS Hermina Kemayoran. PT Astra International Tbk. (ASII) mencari peluang menambah kepemilikan sahamnya di rumah sakit PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL). /herminahospital.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konglomerasi PT Astra International Tbk. (ASII) menargetkan dapat terus menambah kepemilikannya di rumah sakit swasta dengan jaringan terluas yakni PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL).

Direktur Astra International sekaligus Komisaris Hermina, Gidion Hasan menjelaskan Astra terus melakukan peninjauan strategis seluruh investasinya termasuk di HEAL.

"Dalam tinjauan tersebut kami merasa Astra bisa memberi nilai tambah ke HEAL dan HEAL dapat memberi nilai sinergi ke Astra. Investasi kami di Hermina akan tambah stakholders, kalau ada peluang tentu saja kami [akan] tambah kepemilikan," jelasnya dalam konferensi pers, Kamis (22/9/2022).

Selain fokus investasinya, investasi Astra di HEAL juga dapat membangun kolaborasi yang baik antara Astra, HEAL, dan Halodoc yang telah lebih dahulu mendapatkan suntikan Astra.

Dengan begitu, kontribusi ASII dapat membantu pertumbuhan sektor kesehatan Indonesia secara keseluruhan.

Grup Astra tercatat menggenggam 6,5 persen kepemilikan saham emiten RS Hermina, PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) dan menjalin sejumlah kerja sama strategis.

Sebagai informasi, berdasarkan data terbaru PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 10 September 2022, kepemilikan saham HEAL oleh ASII tercatat sebesar 6,5 persen, atau sebanyak 970.526.600 saham.

ASII secara bertahap menggenggam saham HEAL sejak April 2022, melalui aksi korporasi private placement dengan pembelian 30 juta saham senilai Rp45 miliar.

Kepemilikan Grup Astra di saham HEAL pun berlanjut hingga 11 Agustus 2022, tercatat sebesar 5,59 persen atau sebanyak 834.535.900 saham.

Sebelumnya, Direktur Keuangan Medikaloka Hermina Aristo Setiawidjaja mengatakan bagi HEAL, kepercayaan diri yang diberikan oleh Astra merupakan salah satu testimoni dari perkembangan bisnis RS Hermina.

“Memang ada strategic initiative yang dilakukan antara Astra dan Hermina, salah satunya dari segi informasi dan teknologi, ini akan memberikan kemudahan bagi peserta yang memiliki asuransi di Astra Buana atau Astra Life dengan mendapatkan pelayanan berbasis digital di rumah sakit Hermina,” ujar Aristo dalam acara Public Expose BEI, Senin (12/9/2022).

Kerja sama ini, lanjutnya, akan menguntungkan kedua belah pihak. ASII akan memiliki competitive advantage dalam memberikan produk asuransi berbasis digital, sedangkan HEAL akan mendapat keuntungan dari segi partnership dan menjadi rumah sakit rujukan bagi peserta asuransi Grup Astra.

Ke depan, akan ada kerja sama lainnya yang dilakukan oleh ASII dan HEAL, namun belum bisa diberikan rinciannya saat ini.

Menurut Aristo, kepemilikan saham HEAL oleh ASII saat ini bukan dalam bentuk controlling stake, melainkan hanya dalam bentuk kerja sama strategis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper