Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kolaborasi WIRG dan Grup Salim dalam Metaverse Indonesia Makmur

Salim Group dan PT WIR Asia Tbk. (WIR Group) membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) dengan nama PT Metaverse Indonesia Makmur.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 11 September 2022  |  14:11 WIB
Kolaborasi WIRG dan Grup Salim dalam Metaverse Indonesia Makmur
Kode biner dan kata metaverse yang ditampilkan di layar laptop. Salim Group dan PT WIR Asia Tbk. (WIR Group) membentuk perusahaan patungan (joint venture - JV) dengan nama PT Metaverse Indonesia Makmur. Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolaborasi Salim Group bersama PT WIR Asia Tbk. (WIR Group) kian benderang. Kedua pihak resmi membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) bersama  dengan nama PT Metaverse Indonesia Makmur pada 7 September 2022.

WIR Asia mengumumkan perseroan melalui cucu usahanya, PT Mata Nilai Republik telah membuat akta pendirian perusahaan baru bersama PT Surya Semesta Karya Persada dengan nama PT Metaverse Indonesia Makmur.

Melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, dikutip Sabtu (10/9/2022), dalam pendirian perusahaan metaverse tersebut, nilai transaksi ditempatkan dan disetor penuh adalah sebesar Rp10 miliar.

Dengan perincian masing-masing bagian kepemilikan PT Mata Nilai Republik sebesar Rp5,1 miliar atau setara dengan 51 persen dan PT Surya Semesta Karya Persada sebesar Rp4,9 miliar atau setara dengan 49 persen.

"Tujuan transaksi adalah mendorong kemajuan platform metaverse di Indonesia," tulis Corporate Secretary WIR Asia Ira Yuanita dalam laporannya kepada Otoritas Jasa Keuangan.

Sementara itu, tata cara perolehan saham adalah melalui penanaman modal setor dan sumber dana yang digunakan berasal dari modal.

Pembentukan PT Metaverse Indonesia Makmur merupakan kelanjutan dari perjanjian pendirian perusahaan patungan antara PT Mata Nilai Republik dengan PT Surya Semesta Karya Persada yang diteken pada 18 Mei 2022 lalu.

Adapun, PT Surya Semesta Karya Persada merupakan perusahaan terafiliasi Salim Group. Sebelumnya, Executive Director Salim Group Axton Salim menilai kerja sama melalui joint venture dengan WIR Group akan memberikan kesempatan luar biasa bagi pengembangan bisnis korporasi Salim Group di masa depan.

"Dengan mengadopsi platform metaverse, kami bisa menggali potensi dan peluang-peluang bisnis yang sebelumnya tidak terbayangkan,” kata Axton dalam keterangan resmi pada Sabtu (21/5/2022).

Direktur Utama WIR Group Michael Budi Wirjatmo mengatakan, WIR Group sudah memiliki kemampuan membangun dan mengembangkan teknologi Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Artificial Intelligence (AI). Teknologi itu dianggap dapat mendukung bisnis Salim Group memasuki era baru digital tanpa batas.

Michael menambahkan dunia metaverse yang tanpa batas bukan saja membuat bisnis menjadi lebih efisien dan efektif, tetapi juga menghadirkan peluang-peluang baru. Namun demikian, diperlukan cara-cara khusus untuk menavigasi pengguna dalam berinteraksi dan memanfaatkan peluang yang tersedia di dunia metaverse.

"Kami optimistis bisa membantu industri termasuk Salim Group untuk masuk dan menjelajahi dunia metaverse guna menghadirkan inovasi dan terobosan baru serta memanfaatkan setiap peluang yang ada demi pengembangan usaha," ujar Michael.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

WIR Group WIRG grup salim metaverse joint venture
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top