Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga BBM Naik Sentimen Negatif Saham Ritel Alfamart (AMRT) hingga Ace Hardware (ACES)

Emiten ritel consumer goods seperti Alfamart (AMRT), Mitra10 (CSAP) dan Ace Hardware (ACES) diperkirakan tetap kuat di tengah inflasi dan kenaikan harga BBM.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 05 September 2022  |  20:07 WIB
Harga BBM Naik Sentimen Negatif Saham Ritel Alfamart (AMRT) hingga Ace Hardware (ACES)
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT) memperluas ekspansi bisnisnya dengan meresmikan gerai ke/1.000 di Filipina.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kenaikan harga BBM yang terjadi sejak Sabtu, (3/9/2022) dapat menjadi sentimen negatif bagi saham sektor ritel.

Analis Senior CSA Research Institute, Reza Priyambada mengatakan, ritel consumer goods seperti Alfamart, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT), pengelola Mitra10 PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (CSAP), dan PT Ace Hardware Indonesia Tbk. (ACES) dapat menjadi emiten berdaya tahan kuat di tengah kenaikan harga BBM.

“Kalau kami lihat, mereka menjual barang-barang rumah tangga, tetap saja ramai dengan konsumen yang melakukan pembelian. Emiten yang terkait dengan kebutuhan masyarakat saya rasa lebih tahan ya,” paparnya saat dihubungi Bisnis, Senin (5/9/2022).

Sekretaris Jenderal Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) tersebut melanjutkan, kenaikan harga BBM idealnya tidak menjadi isu negatif bagi emiten ritel, karena mereka akan melakukan penyesuaian harga agar dapat terserap dengan baik oleh konsumen.

Tantangannya, tergantung bagaimana reaksi konsumen terhadap barang-barang yang mengalami penyesuaian harga.

“Tentu mereka tidak akan menaikkan harga semua barang, ada juga yang menggunakan promo tertentu, kenaikan tidak dilakukan saat itu juga tetapi bertahap,” imbuh Reza.

Secara umum, emiten ritel terkena sentimen negatif kenaikan harga BBM, tapi secara riil di lapangan, hal tersebut tidak terlalu berpengaruh.

“Ini lebih kepada persepsi investor terhadap sentimen yang ada,” tutupnya.

Pada penutupan perdagangan Senin, (5/9/2022) saham AMRT terpantau parkir di zona hijau, sedangkan CSAP dan ACES kompak berada di zona merah.

Saham AMRT naik sebesar 1,94 persen ke posisi harga Rp2.100, sementara CSAP dan ACES turun masing-masing 5 persen dan 5,67 persen menjadi Rp855 dan Rp665.

Secara year-to-date (ytd), AMRT dan CSAP kompak naik sebesar 70,73 persen dan 71,69 persen, sedangkan ACES masih dalam tren koreksi sebesar 51,81 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga BBM ritel alfamart amrt catur sentosa adiprana csap ace hardware aces
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top