Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produk GoPayLater Cicil Dinilai Bakal Untungkan Bank Jago ARTO

Kehadiran GoPaylater Cicil di Tokopedia diklaim bakal semakin memperkuat langkah GoTo dalam mengembangkan bisnis fintech.
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Langkah PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan PT Bank Jago Tbk (ARTO) yang meluncurkan produk GoPayLater Cicil dinilai akan berdampak langsung dalam pertumbuhan kredit bagi ARTO khususnya dalam segmen konsumer dengan high yield.

Analis MNC Sekuritas Tirta Widi Gilang Citradi mengatakan produk GoPayLater Cicil menjawab ekspektasi pasar yang menantikan hasil kolaborasi ARTO dan GOTO. Menurut Tirta, terdapat kemungkinan dikembangkannya kolaborasi ini sehingga ARTO dapat mengakuisisi nasabah funding pengguna GoPayLater Cicil.

“Potensi dari kolaborasi ini sangat besar karena jumlah user aktif Tokopedia sangat besar Selain itu, user juga semakin terbiasa membeli barang dengan harga yang lebih mahal sehingga membutuhkan produk cicilan,” ujarnya dikutip pada Selasa (23/8/2022).

Menurut Tirta, produk pembiayaan tersebut dapat terkendali lantaran GoTo memiliki Big Data dan sistem Credit Scoring yang mampu mengenali profil risiko dan karakter penggunanya. Hal ini lantas membuat pembiayaan yang disalurkan melalui GoPayLater Cicil memiliki kualitas yang bagus. Selain itu, optimalisasi teknologi juga dinilai sebagai cara memitigasi risiko kredit bermasalah.

Sebelumnya diberitakan, Tokopedia menghadirkan GoPayLater Cicil sebagai opsi tambahan pembayaran digital bagi pelanggan Tokopedia terpilih. Opsi pembayaran ini memungkinkan pengguna Tokopedia mengubah transaksi belanja menjadi cicilan dengan pilihan 1, 3, 6 atau 12 bulan.

Kehadiran GoPaylater Cicil di Tokopedia diklaim bakal semakin memperkuat langkah GoTo dalam mengembangkan bisnis fintech. Hal ini sekaligus memberikan pengguna lebih banyak pilihan layanan keuangan yang mudah, aman dan nyaman bagi para pelanggan di ekosistem GoTo.

Direktur dan Head of Payments and Financial Services GoTo, Hans Patuwo mengatakan GoPayLater Cicil melengkapi pilihan pembayaran digital yang tersedia dalam ekosistem GoTo. Seiring integrasi bisnis dan meningkatnya use case antar-platform, GoTo akan memperoleh pemahaman yang lebih luas untuk underwriting dan data scoring.

“Hal ini akan memungkinkan kami untuk berinovasi dan menghadirkan solusi keuangan yang inklusif, bertanggung jawab, dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Inovasi kami di bidang fintech merupakan salah satu bentuk upaya meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper